Cara Merawat Tanaman Christmas Cactus Wijaya Kusuma untuk Hiasan Ruangan Rumah

Cara Merawat Tanaman Christmas Cactus Wijaya Kusuma untuk Hiasan Ruangan Rumah

Bunga Wijaya Kusuma adalah salah satu bunga yang unik serta banyak digemari oleh banyak sekali orang di Indonesia. Tanaman Wijaya Kusuma atau yang biasa disebut sebagai sang ratu malam adalah bunga dari tanaman kaktus (Christmas Cactus) yang memiliki bunga yang cantik serta memiliki aroma yang cukup kuat. 

Mahkota bunga ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan berwarna putih seperti warna bunga Peace Lily serta warna cantik lain seperti Merah, orange dan ungu seperti African Violet. Mahkota bunga Christmas Cactus hanya akan mekar di malam hari. Oleh karena itu, Tanaman Hias Berbunga ini dijuluki sebagai sang ratu malam. 

Tanaman Hias Indoor yang Berbunga

Kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai cara menanam serta Cara Merawat Tanaman Hias Berbunga ini. Penasaran? Yuk, simak tips mengenai tanaman Wijaya Kusuma ini seperti berikut ini : 

Cara Menanam Tanaman Christmas Cactus / Wijaya Kusuma?

Cara menanam tanaman Wijaya Kusuma ini terbilang cukup mudah lho. Cukup siapkan bibit bunga Wijaya Kusuma serta media tanamnya saja. Siapkan bibit tanaman Wijaya Kusuma yang bagus.

Untuk media tanamnya, kamu bisa menggunakan campuran tanah, pupuk organik, humus dan pasir dengan perbandingan antara 3:1:1:2 ya. 

Setelah siap, tancapkan bibit bunga Wijaya Kusuma di lubang sedalam 5 cm yang telah kamu buat sebelumnya. Tutup lubangnya secara merata setelah kamu menancapkan bibit bunga Wijaya Kusuma tersebut. Selanjutnya, siram bunga Wijaya Kusuma tersebut dengan air bersih secukupnya.

Cara Merawat Tanaman Christmas Cactus / Wijaya Kusuma

Kamu bisa merawat Bunga Wijaya Kusuma ini dengan berbagai cara yang simple lho.

Agar Tanaman Hias Berbunga ini tidak terjangkit hama akan lebih baik kalau kamu rutin melakukan penyiangan dengan cara meyingkirkan gulma atau rumput liar yang tumbuh di dekat tanaman Wijaya Kusuma ini. 

Kebutuhan Air / Waktu Menyiram Wijaya Kusuma

Tanaman Hias Berbunga yang satu ini tidak memerlukan air yang banyak sehingga untuk penyiramannya bisa kamu lakukan 1 hari sekali atau setiap 2 hari sekali dengan air yang secukupnya ya. 

Jangan sampai air yang ada di pot menggenang lantaran hal ini akan membuat tanaman Wijaya Kusuma menjadi busuk lantaran terkena air yang berlebih. Untuk menghindari hal ini, kamu bisa memberikan lubang di bagian bawah pot Bunga Wijaya Kusuma agar air yang berlebih tersebut bisa keluar.

Pupuk Tanaman Christmas Cactus / Wijaya Kusuma

Agar bunga Wijaya Kusuma ini bisa tumbuh dengan lebih maksimal maka sebaiknya kamu memberikannya pupuk.

Sebaiknya kamu menggunakan pupuk kompos atau pupuk organik (pupuk yang berasal dari kotoran hewan atau pembusukan tumbuhan). Proses pemupukan ini bisa kamu lakukan setiap 1 atau 2 minggu sekali. 

Kebutuhan Cahaya Matahari

Tanaman Hias Indoor yang Berbunga
images source: istockphoto.com - @claranila

Untuk masalah penyinaran. Ada baiknya kamu meletakkan Tanaman Hias Berbunga ini di tempat yang terkena cahaya matahari secara lebih menyeluruh. Bunga Wijaya Kusuma akan lebih sering berbunga apabila seluruh bagiannya terkena sinar matahari secara lebih menyeluruh. 

Oleh karena itu, tempat yang direkomendasikan untuk meletakkan Tanaman Hias Berbunga yang satu ini adalah di pot tanaman yang digantung tinggi atau di tempat tinggi sehingga memungkinkan Tanaman Hias Berbunga ini untuk terkena sinar matahari lebih banyak lagi.

Kesimpulan

Selain Tanaman Hias Berbunga, pastinya ada banyak sekali jenis Tanaman Hias Berbunga lainnya yang bisa kamu rawat di rumah. Tanaman Hias Berbunga ini adalah salah satu tanaman yang memang populer saat ini dan banyak diburu orang. Jadi, jangan sampai ketinggalan menjadi kolektor Tanaman Hias Berbunga ya

Nah, itulah beberapa pembahasan seputar Bunga Wijaya Kusuma termasuk Cara Merawat Tanaman Wijaya Kusuma. Tanaman hias yang satu ini membutuhkan perawatan yang mudah sehingga kamu tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk merawat bunga Wijaya Kusuma ini..