Cara Merawat Tanaman African Violet yang Cantik dan Mempesona

Cara Merawat Tanaman African Violet yang Cantik dan Mempesona

Saat ini ada banyak orang yang mencoba belajar cara merawat tanaman hias karena mulai menggemari keindahan tanaman hias berbunga maupun yang tak berbunga. Penyebabnya, karena hadirnya tanaman hias indoor maka dekorasi ruangan akan nampak lebih sempurna. 

Ada banyak sekali jenis tanaman hias berbunga yang unik serta cantik. Kali ini, kita akan membahas salah satunya yakni bunga African Violet.

Tanaman African Violet atau Violces Ungu atau bunga yang memiliki nama latin "Saintpaulia Ionantha" ini bisa Anda letakkan dalam ruangan. Selain itu, bunga yang satu ini tidak terlalu tahan terhadap pancaran sinar matahari secara langsung karena bunga African Violet ini akan menjadi layu.

Tanaman Hias Indoor yang Berbunga

Dengan daun yang tebal mirip dengan tanaman Chrismas Cactus, Perawatan tanaman hias berbunga yang satu ini tentunya sangat berbeda dengan tanaman hias berbunga lainnya.

Nah, kali ini kita akan membahas lebih lanjut mengenai Cara Merawat Tanaman African Violet ini : 

Bagaimana Cara memanam African Violet?

Untuk menanam tanaman African Violet ini, media tanamnya sangat mudah lho. Kamu hanya perlu menyiapkan pot kecil, tanah serta pupuk. Cara menanam tanaman hias berbunga ini juga sederhana lho.

Kamu bisa menggunakan pot ukuran kecil karena bunga African Violet tidak memerlukan ruang tanam yang luas.

Tanam bibit bunga African Violet di pot yang telah diisi dengan tanah dan pupuk dengan komposisi 1:1. Tekan sedikit bibit tanaman hias berbunga tersebut ke tanah sampai bibit tanaman hias berbunga tersebut dapat berdiri dengan tegak. 

Cara Merawat Tanaman African Violet

Setelah kamu berhasil menanam tanaman hias berbunga tersebut. Selanjutnya kamu harus merawatnya dengan baik agar tanaman African Violet tersebut bisa tumbuh dan bunganya mekar dengan indahnya. Bunga African Violet  memiliki ciri daun hijau keunguan yang indah serta bunga yang berwarna ungu.

Penyiraman tanaman

Berapa kali penyiraman air yang dibutuhkan agar Bunga African Violet dapat tumbuh dengan baik? Setidaknya kamu perlu secara rutin menyiramnya 1 kali sehari dengan air secukupnya. Untuk memberikan nutrisi tambahan sebaiknya kamu juga menyemprotkan tanaman African Violet ini dengan pupuk air secukupnya. 

Kebutuhan Cahaya Matahari

Mengenai sinar matahari? Karena bunga African Violet tidak tahan terhadap pancaran sinar matahari langsung seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. Maka, akan lebih baik kalau kamu meletakkannya dalam ruangan atau dekat jendela.

Pencahayaan menggunakan lampu neon saja sudah cukup baik untuk membuat Bunga African Violet berfotosintesis dengan sempurna.

Tanaman Hias Indoor yang Berbunga

Suhu yang diperlukan untuk perawatan bunga African Violet adalah 15 sampai dengan 30 derajat celcius. Suhu ini kurang lebih juga cocok di iklim di Indonesia. Namun, di musim kemarau di mana suhu udara meningkat akan lebih baik apabila kamu memberikan ventilasi udara yang cukup di sekitar ruangan di mana kamu menyimpan tanaman African violet agar nantinya bunga African Violet tak terlalu kepanasan.

Selain itu, karena batang bunga African Violet ini mudah patah dan mengandung banyak air. Kamu perlu berhati-hati saat memegangnya ya. Jika kamu bisa merawat bunga African Violet ini dengan baik, maka tanaman hias berbunga ini akan mampu menghadirkan nuansa baru di ruanganmu sehingga kesan asri akan semakin terpancarkan dan kamu bisa menjadi lebih betah berada di dalam ruanganmu.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa pembahasan seputar tanaman African Violet ini. Memelihara bunga African Violet ini tentunya akan menjadi salah satu tantangan yang menarik untukmu, bukan? Selain itu, hasilnya juga akan sangat memuaskan.

Cara Merawat Tanaman African Violet cukup mudah dan tak akan menghabiskan banyak waktu. Yuk, mulai tanam tanaman hias berbunga seperti tanaman African Violet satu ini.