Cara Merawat Tanaman Begonia Agar Mekar dengan Indah

Cara Merawat Tanaman Begonia Agar Mekar dengan Indah

Tanaman Begonia termasuk dalam salah satu jenis tanaman hias berbunga yang sulit untuk ditanam ataupun dirawat. Namun, meskipun begitu hal tersebut tak mengurangi antusiasme masyarakat untuk menanam tanaman hias. Yuk, pelajari cara merawatnya juga.

Tanaman Bunga Begonia tidak seperti Chrismas Cactus yang tahan tersengat sinar matahari, Tanaman Begonia termasuk salah satu tanaman yang tidak tahan panas jadi cocok untuk jadi Tanaman Hias Indoor.

Cara merawat Tanaman Hias Indoor yang Berbunga

Tanaman memang memiliki keunikannya tersendiri. Terlebih, tanaman hias berbunga. Keunikan yang dimiliki oleh setiap jenis tanaman tersebut tentunya akan semakin meningkatkan daya tarik ruanganmu, bukan?. .

Nah, Kali ini kita akan membahas salah satu tanaman hias berbunga yang tak kalah menarik dibandingkan tanaman hias lainnya serta Cara merawat Tanaman Begonia. 

Cara Menanam Tanaman Begonia 

Tanaman begonia ini adalah salah satu tanaman musim panas. Cara merawatnya harus ekstra lho. Dan bunganya baru akan muncul setelah 12 hingga 20 minggu setelah di tanam. 

Kamu bisa menanam tanaman begonia ini di sebuah pot yang diletakkan di bawah pohon sehingga lebih teduh atau kamu juga bisa meletakkannya di dalam ruangan (indoor). Cara menanamnya, campurkan pupuk serta tanah yang subur ke dalam pot. Kemudian tanamlah umbi atau bibit tanaman Begonia ini. 

Berikan air yang cukup dan jangan sampai terlalu basah karena umbinya nanti akan mudah lembek sehingga tanaman hias ini tidak akan tumbuh karena umbinya akan membusuk.

Cara Merawat Tanaman Begonia

Cara merawat Tanaman Begonia ini sebenarnya cukup simple kalau kamu memahami cara merawatnya dengan baik. Pertumbuhan tanaman hias ini bisa dibilang lebih lama sehingga cara merawatnya pun beraham pula.

Ketika tanaman hias ini mendapatkan terlalu banyak air maka daun atau batangnya akan menjadi lembek dan busuk. Jika kamu melihat daun atau batang tanaman hias ini ada yang lembek ada baiknya kamu segera memotongnya agar tidak menular ke bagian tanaman lainnya.

Kebutuhan Air / Waktu Menyiram Tanaman Bunga Begonia

Untuk masalah penyiraman, sebaiknya kamu menyiramnya di pagi dan sore hari dengan kadar air yang secukupnya. Usahakan pula bahwa tanaman begonia ini tak terkena guyuran air hujan secara langsung. Cara merawat Tanaman hias ini tidak boleh terkena air yang berlebih lantaran akan lembek nantinya.

Untuk cara merawat terlebih penyiramannya, lebih baik kamu meyiramnya dari tepi pot. Hal ini untuk menghindari kadar air berlebih di area tengah pot. 

Pupuk Tanaman Bunga Begonia

Agar tanaman hias berbunga ini bisa tumbuh dengan baik ada baiknya kamu memberinya pupuk seperti pupuk NPK atau pupuk air yang bisa langsung disemprotkan pada tanaman. Tanaman ini dapat bertahan antara 2 hingga 3 tahun, umbinya pun bisa bertahan sampai dengan 5 tahun apabila kamu merawatnya dengan baik.

Kebutuhan Cahaya Matahari

Cara merawat Tanaman Hias Indoor yang Berbunga

Mengenai cara merawat dari segi pencahayaan dari sinar matahari langsung. Ada baiknya kamu mengeluarkan bunga ini dari tempat teduh dan biarkan terkena sinar matahari di pagi dan sore hari. Hal ini untuk menunjang perkembangan fotosintesis tanaman tersebut. 

Di pagi hari setidaknya dari jam setengah 7 sampai jam 9 pagi. Lalu, untuk di sore hari bisa di antara kisaran jam setengah 4 sore hingga jam 5 sore.

Kesimpulan

Ada banyak Jenis Tanaman Hias Berbunga yang bisa menjadi pesona dalam ruangan dan taman rumah kita dan begonia adalah salah satu pilihan yang tepat layak dijadikan sebagai salah satu media yang menambah keindahan rumahmu. Selain itu, harganya yang mahal juga bisa kamu jadikan sebagai salah satu peluang bisnis yang menjanjikan lho.

Nah, itulah pembahasan seputar Tanaman hias Begonia. Serta bagaimana Cara menanam serta Cara merawat Tanaman Begonia. Semoga cara merawat tanaman Begonia di atas dapat kamu jadikan referensi ya. Untuk cara merawat tanaman hias ini kamu juga perlu kesabaran lantaran tanaman yang satu ini berbunga dalam jangka waktu yang cukup lama.