Tanaman Hias Indoor yang Berbunga untuk Keindahan Ruangan Rumah

Tanaman Hias Indoor yang Berbunga untuk Keindahan Ruangan Rumah

Tanaman hias untuk mempercantik ruangan ada dua tipe, Tanaman hias berbunga dan tanaman hias daun. Masing-masing dari tipe itu memiliki banyak jenis tanaman cantik yang bisa memenuhi keinginan pemiliknya.

Kali ini daftar yang akan ditampilkan adalah Tanaman hias yang memiliki bunga. Walaupun tingkat perawatannya tergolong sulit, tapi para gardener pemula bisa mencoba jenis tanaman berbunga yang mudah dirawat ini.

Tanaman Hias Berbunga nan Cantik untuk Dalam Ruangan

Dirangkum dari berbagai sumber, ini 4 tanaman hias indoor yang mudah berbunga:

1. African violet

Tanaman Hias Indoor Berbunga
Salah satu tanaman hias yang sangat populer untuk indoor adalah African violet. Berbunga sepanjang tahun membuat tanaman hias ini sangat disukai oleh banyak pecinta bunga.
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Tanaman hias indoor african Violet bisa tumbuh baik dalam ruangan dengan sedikit cahaya, tapi pastikan suhu ruangan tetap hangat dan lembap agar media tanam bisa terus memberi asupan pada african violet
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Salah satu kunci pemeliharaan african violet agar memiliki daun serta bunga yang cantik adalah cara penyiramannya, karena african violet memiliki daun yang cukup besar, usahakan air siraman tidak terkena daun agar tidak menimbulkan bercak kecoklatan pada tanaman
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Hampir semua tanaman hias untuk dalam rumah harus diberikan perhatian khusus agar tumbuh dengan subur, penempatan pada tempat yang lembab penting agar tanaman tidak cepat mengering,

Sesekali juga lakukan penjemuran tiap pekan bagi tanaman yang sama sekali tidak pernah terpapar angin dan sinar matahari.
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Jangan lewatkan bunga yang sangat cocok untuk dijadikan hiasan ruangan ini, lebih lanjut silahkan baca cara menanam dan merawat african violet agar berbunga dengan dan cantik.

2. Begonia

Tanaman hias Begonia adalah tanaman yang memiliki banyak jenis dan sangat populer ditanam pada taman outdoor, variasi warna yang cantik menjadikan taman terlihat sangat indah.
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Begonia memiliki jenis tanaman yang berbunga dan tanaman yang hanya daun tanpa bunga, tapi keduanya memiliki keindahan masing-masing karena warna-warnanya yang variatif. Seperti begonia Rex yang tanpa bunga namun daun-daunnya yang bercorak indah.

Lalu, apakah begonia cocok untuk jadi tanaman hias dalam rumah?, tentu saja. Jangan menyia-nyiakan keindahan warna bunganya untuk selalu dipandangi saat bersantai dalam rumah.
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Tanaman hias Begonia tergolong tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat dan mengeluarkan bunganya. Makanya, banyak yang memilih jenis tanaman cantik ini sebagai penghias karena bisa dijadikan tanaman hias gantung atau tanaman hias di meja. 
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Begonia memiliki bunga yang berwarna-warni seperti merah, orange, kuning, dan merah jambu. Tentu saja itu menjadi nilai plus sehingga tanaman ini sangat populer.

Begonia termasuk tanaman hias yang tahan dengan cuaca panas. Jadi, cocok untuk yang tinggal di tempat panas. tapi, jangan simpan begonia di bawah cahaya matahari langsung. Sebaiknya letakkan pada sisi ruangan yang tidak langsung terkena cahaya matahari.

3. Christmas cactus / Wijaya Kusuma

Tanaman Hias Indoor Berbunga
images source: istockphoto.com - @claranila
Suka tanaman kaktus?, bagi pecinta kaktus pasti sudah tahu mana saja jenis kaktus yang bisa memekarkan bunganya.

Salah satu tanaman hias yang paling populer dari tipe kaktus adalah Christmas Cactus atau Bunga Wijaya Kusuma dalam sebutan orang Indonesia. 

Tanaman hias berbunga yang satu ini memiliki warna bunga yang cantik seperti kuning, merah, putih, dan ungu.
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Sayangnya, durasi berbunganya singkat dan perawatannya pun perlu perhatian khusus. Pada dasarnya tanaman kaktus tahan dengan sedikit air tapi tanaman wijaya kusuma ini butuh diberi siraman air yang cukup bila sedang berbunga agar tidak cepat layu.

Pastikan suhu tanah tetap lembap dan bila peletakannya di area jendela maka sebaiknya pada jendela yang menhadap ke timur agar tidak terkena sinar matahari yang terik.
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Bagaimana?. Sudah punya pilihan indoor plant yang di iginkan untuk menghiasi sisi rumah?, masih ada satu lagi jenis tanaman hias indoor yang sangat cocok untuk wilayah tropis seperti Indonesia. jJangan berhenti dulu bacanya.

4. Peace lily

Tanaman Hias Indoor Berbunga
Bunganya yang berbentuk elegan dengan warna putih menjadikan tanaman hias Peace lily sangat cocok bersanding dalam ruangan untuk menyegarkan pandangan.

Tanaman ini sangat cocok untuk wilayah beriklim tropis. Di wilayah dengan 4 musim, tanaman hias peace lily bermekaran pada musim semi.
Tanaman Hias Indoor Berbunga
Tanaman hias peace lily juga dapat menyaring banyak polutan dalam ruangan. Misalnya, karbondioksida dan formaldehida
Yang menjadi kelebihan peace lily sebagai pilihan tanaman hias indoor adalah bunganya bisa mekar dalam waktu yang lama dan sering hingga 2 kali dalam setahun bila diberi perawatan yang baik.