8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat

8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat

Cara menjaga kesehatan kulit merupakan hal yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Paparan polusi, sinar matahari, serta berbagai faktor lainnya menjadi faktor yang dapat merusak kesehatan kulit apabila kondisi itu dibiarkan terus menerus.

Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat

Karena menjaga kesehatan kulit juga berarti mencegah Anda dari risiko terkena berbagai penyakit kulit dan bisa lebih percaya diri memiliki kulit yang sehat dan terawat.

bukan hanya untuk kaum wanita saja, namun pria juga perlu memperhatikan kesehatan kulitnya, bila masalah kulit timbul maka akan mengganggu penampilan.

Sayangnya, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan kulit dengan benar. Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk menjaga kulit agar tetap sehat?.

Berikut Tips 8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat.

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga kelembapan kulit sangat penting bagi pengidap Psoriasis. Untuk mencegah hal ini terjadi, jaga kulit agar tetap lembap dengan menggunakan lotion segera setelah mandi. Lotion dapat membantu melembapkan kulit dan menutrisi kulit.

Psoriasis adalah penyakit kulit jangka panjang yang membuat peradangan pada kulit yang ditandai dengan kulit kering, ruam merah, bersisik, tebal, dan mudah terkelupas. (source: halodoc)

Cara menjaga kesehatan kulit wajah dan badan lainnya dapat Anda simak 8 tips dibawah ini. Dengan menerapkan 8 tips dibawah ini, hal itu berarti Anda sudah berkontribusi untuk menjaga kesehatan diri Anda sendiri.

1. Rutin Mencuci Muka

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Cara menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan mencuci muka dengan rutin, terutama setelah Anda selesai beraktivitas di luar rumah. Mencuci muka bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada wajah, membersihkan sisa-sisa make-up dan minyak pada wajah.

Jika sebelumnya Anda menggunakan make-up, maka Anda bisa menggunakan cairan pembersih make-up terlebih dahulu agar sisa make-up dapat diangkat, kemudian mulailah untuk mencuci muka menggunakan sabun pembersih wajah dengan air hangat.

Pastikan Anda membersihkan wajah minimal dua kali sehari yaitu saat pagi dan malam hari.

2. Mandi

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Badan

Cara menjaga kesehatan kulit badan dengan mandi dua kali sehari. Mandi diperlukan untuk membersihkan seluruh badan dari kotoran-kotoran yang menempel pada kulit.

Saat mandi, gunakan air hangat, jangan terlalu panas karena akibatnya kulit Anda bisa sangat kering. Selain itu, pilihlah sabun mandi dengan kandungan yang ringan.

3. Gunakan Pelembap Wajah

Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Jika Anda memiliki kulit yang kering, sebaiknya kamu menggunakan pelembap untuk menjaga wajah Anda tetap lembap.

Gunakan jenis pelembap yang sesuai dengan kulit Anda, jika Anda memiliki kulit yang berminyak, hindari menggunakan pelembap yang berbahan dasar air. Jika Anda memiliki kulit kering, hindari untuk menggunakan pelembap yang berbahan dasar alkohol.

Apabila Anda hendak keluar, tidak ada salahnya menggunakan pelembap yang mengandung SPF (Sun Protector Factor) atau tabir surya agar melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.

Pilihlah SPF yang sesuai dengan kulit dan lingkungan Anda, pastikan Anda memahami kandungan dan fungsinya.

4. Tidur Yang Cukup

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Cara menjaga kesehatan kulit secara alami yaitu menyentuh pola hidup Anda sehari-hari. Salah satunya kebiasaan tidur yang cukup. Karena dengan memiliki tidur yang cukup, dapat menghilangkan lingkaran hitam di area mata serta meningkatkan warna kulit agar lebih sehat dan cerah.

Tidur yang cukup adalah salah satu cara merawat kulit dari dalam dan paling berpengaruh. Bila memungkinkan, cukupkan tidur 8 jam perhari.

Jika Anda kurang tidur, akan berdampak pada fungsi kulit sehingga bisa muncul tanda-tanda penuaan. Saat tidur, tubuh akan meregenerasi otot, sel darah, dan kulit.

5. Makan Makanan Yang Sehat

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Secara Alami

Sudah pasti mengonsumsi makanan yang sehat merupakan cara menjaga kesehatan kulit secara alami. Mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan protein baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Beberapa penelitian bahkan sudah membuktikan bahwa mengonsumsi makanan kaya antioksidan yaitu yang mengandung Vitamin C dan Vitamin E baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Konsumsi lemak sehat juga dapat membantu mengisi kembali kemampuan tubuh dalam menciptakan membrane sel yang sehat agar melindungi kulit dari paparan polusi.

6. Banyak Minum Air Putih

Cara Menjaga Kesehatan Kuli

Ketika seseorang kurang minum air putih, kulit akan terasa kering, kasar, dan bersisik saat di garuk. Hal tersebut sebenarnya simple karena hanya kurang minum air putih.

Tubuh kita membutuhkan asupan cairan yang cukup agar terhindar dari dehidrasi, setidaknya para ahli kesehatan menyarankan bagi orang-orang yang berada di daerah panas untuk minum 8 gelas air putih setiap harinya agar terhindar dari dehidrasi.

7. Tidak Merokok

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

Cara menjaga kesehatan kulit tubuh yang tidak kalah pentingnya adalah dengan tidak merokok. Kebiasaan merokok dapat menimbulkan penuaan pada kulit sehingga memicu terbentuknya kerutan karena gerakan wajah mengisap yang Anda lakukan.

Selain itu, efek merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit sel skuamosa, oleh karena itu sebaiknya hindari merokok agar tubuh dan kulit Anda terjaga dengan baik.

8. Hindari Stres

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Wajah dan Badan

Stres yang tidak terkendali dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif, akibatnya bisa memicu timbulnya masalah kulit seperti jerawat. Maka itu, cobalah untuk kendalikan stress yang Anda alami dengan pikiran yang tenang dengan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan seperti menonton film atau olahraga.

Berbagai tips diatas tentu tidak sulit dilakukan bukan? Jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan kulit karena bisa menyebabkan masalah kulit mengintai Anda. Jika Anda memiliki tekad memiliki kulit yang sehat yang juga menunjang penampilan tentu mulai sekarang bisa Anda lakukan langkah demi langkah.

Demikianlah informasi 8 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Agar Tetap Sehat. Jika Anda memiliki masalah kulit yang mengganggu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit guna mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba. (Pen/DwiAgiarti)