Mengenal Apa itu Tanaman Sansevieria Lidah Mertua

Mengenal Apa itu Tanaman Sansevieria Lidah Mertua


Sansevieria ataupun lidah mertua merupakan marga tanaman hias yang lumayan terkenal sebagai penghias bagian dalam ruangan rumah sebab tumbuhan ini bisa berkembang dalam keadaan yang sedikit air serta sinar matahari.

Sansevieria mempunyai ujung daun meruncing yang kaku, sukulen (mengandung air), dan tegak.

Sansevieria adalah nama latin dari tanaman populer Lidah mertua, di eropa dan daratan amerika disebut Snake-plant. Kamu mungkin sering mendengar dan melihat tanaman ini yang tanpa pernah kamu cari tahu kalau nama latin lidah mertua adalah Sansevieria.

Bentuk Sansevieria sangat dominan secara visual, menarik perhatian dan sangat digemari oleh desainer interior untuk memberi kesan artistik.

Biar jatuh cinta dengan tumbuhan ini, yuk Mengenal Sansevieria atau Lidah mertua.

Mengenal Apa itu Tanaman Sansevieria atau Lidah Mertua

manfaat tanaman hias sansevieria lidah mertua

Sanseviera dikenal pula dengan sebutan nama lain yaitu tanaman lidah mertua. Sanseviera tidak cuma cantik sebagai tanaman penghias, tetapi pula mempunyai khasiat buat menyuburkan rambut, menyembuhkan sembelit, diabetes, sampai kanker ganas.

MANFAAT SANSEVIERIA TERBAIK DARI JENIS TANAMAN LAINNYA

Manfaat lain sansevieria dari aspek produksi yaitu seratnya bisa juga dipergunakan menjadi bahan baju.

Di Jepang, Kebanyakan Masyarakatnya memanfaatkan kemampuan Sanseviera untuk mengurangi bau perabotan rumah dalam ruangan.

Keistimewaan lidah mertua adalah sebagai mesin filter udara yang baik. Riset NASA bekerja sama dengan ALCA sudah menciptakan bukti- bukti kalau tumbuhan ini secara natural sanggup kurangi polusi yang terdapat pada udara.

Dibandingkan tanaman lain, Sanseviera mempunyai keistimewaan meresap bahan beracun, semacam karbondioksida, benzene, formaldehyde, serta trichloroethylene. sumber: WikiPedia

Sansevieria sangat bermanfaat menstabilkan kondisi udara, seperti tanaman Lemna yang tumbuh di air juga memiliki manfaat menstabilkan kondisi air.

JENIS SANSEVIERIA

Mengenal Sansevieria atau Lidah Mertua

Sansevieria (dibaca, sansivera) dipecah jadi 2 tipe, ialah tipe yang berkembang memanjang ke atas dengan dimensi 50–75 centimeter serta tipe berdaun pendek melingkar dalam wujud roset dengan panjang 8 centimeter serta lebar 3–6 centimeter.

Kelompok panjang mempunyai daun meruncing semacam mata pedang, itulah kenapa Sansevieria terkadang disebut tanaman pedang-pedangan.

Bila ditinjau dari variannya, tanaman sansevieria ada 2 tipe iatu:
  1. Sansevieria spesies generasi asli
  2. Sansevieria tipe hasil hibridasi atau persilangan
Di pasar jual-beli tanaman, tipe persilangan sering disebutkan sebagai tipe sansevieria hybrid yang kini jadi primadona sebagai tanaman hias indoor.

Dari wujud hibrid inilah sansevieria memiliki banyak bentuk yang karakteristik serta lekuk yang berbeda dari indukan. Mutasi sansevieria pula bisa terjalin dari perbanyakan lewat stek daun.

PERTUMBUHAN SANSEVIERIA

Tanaman ini berdaun tebal serta mempunyai isi air sukulen sebagai asupan mandiri melawan kekeringan. Tetapi dalam keadaan lembap ataupun basah, sansiviera tetap dapat berkembang produktif.
Mengenal Sansevieria atau Lidah Mertua

Kemampuan adaptasi dengan lingkungan yang kurang air membuat sansevieria cukup baik untuk dirawat menggunakan pot.

CIRI KHAS SANSEVIERIA

Corak daun Sansevieria adalah ciri khas yang sangat otentik, tidak ada di tanaman lain. Bahkan keluarga dekatnya seperti aloevera tidak memliki corak.

Mengenal sansevieria atau lidah mertua
images by images-search.google.com

Corak yang ada di daunnya bermacam- macam tergantung dari lingkungan tumbuhnya, mulai hijau tua, hijau muda, hijau abu- abu, perak, serta corak campuran putih kuning ataupun hijau kuning.

Motif alur ataupun garis- garis yang ada pada helai daun lidah mertua memiliki rupa berbeda-beda, ada yang bercorak menjajaki arah serat daun, garis corak tidak beraturan, serta terdapat pula yang zig- zag.

Sungguh unik ya tanaman ini!.

Sekarang sudah Mengenal Tanaman Sansevieria atau lidah mertua kan?. Karena punya banyak manfaat dan juga artistik untuk interior, Tanaman sansevieria selalu disukai dan termasuk kategori tanaman everlasting. Mau merawatnya?.