Apa itu Lemna Aceae; Morfologi dan Manfaatnya Dalam Peternakan

Apa itu Lemna Aceae; Morfologi dan Manfaatnya Dalam Peternakan

Lemna Aceae

Beberapa contoh spesies Lemnaceae adalah Lemna minor, Lemna gibba, Lemna polyrhiza, dan Lemna trisulca. Pengenalan Budidaya Lemna minor kepada petani sangat berguna karena manfaat ekonomis serta penunjang hasil panen yang bisa lebih baik.

Lemna sp. mempunyai klasifikasi sebagai berikut (FAO, 1999):

Division: Anthophyta.
Class: Liliopsida.q
subclass: Arecidae.
Order: Arales.
Family: Lemna aceae.
Genus: Lemna sp.

Lemna Sp. Morfologi, Manfaat dalam Peternakan, dan Habitat

Morfologis Lemna sp.

Lemna sp. merupakan salah satu tumbuhan air yang menduduki tempat penting dalam jaring-jaring kehidupan. Tumbuhan ini banyak sekali ditemui di perairan dangkal, sawah, rawa-rawa dan danau. Penyebaran tanaman Lemna sp. hampir ada di seluruh wilayah terutama di daerah beriklim tropis dan bertemperatur hangat.

Sifat Fisik Lemna sp.

Sifat fisiknya berukuran kecil, tumbuh menggerombol, tidak mempunyai daun sejati dan batang. Tumbuhan ini mempunyai akar (ada beberapa spesies yang tidak berakar) dan lapisan yang menyerupai daun yang berisi jaringan-jaringan pengangkut nutrien.

Bentuk Morfologis Lemna sp.

Mempunyai bentuk morfologis rata dan umumnya oval. Jumlah daun Lemna sp. tiga helai berwarna hijau atau hijau pucat. Lemna sp. biasanya mengandung antosianin merah. Daun Lemna sp. mengapung bergabung membentuk kelompok 2—8 buah (atau lebih) dihubungkan dengan stipe (jaringan penghubung antar daun) pendek.

jenis Lemna Aceae

Lemna sp. berakar tunggal dengan pangkal akar menyatu dengan badan daun. Daun yang lebih tebal biasanya mempunyai akar yang lebih panjang (FAO, 1999)

Manfaat Dalam Peternakan

Kandungan Nutrisi Lemna sp.

Komposisi Lemna sp. yang diambil dari kolam alami dibanding dengan kolam buatan yang diperkaya dapat dilihat pada tabel berikut.

Perbandingan Sumber Protein kasar (%BK) Lemak (%BK) Serat (%BK) Abu (%BK)
Kolam alami 25-35 4.4 8-10 15
Kolam buatan diperkaya 45 4.0 9 14
Sumber: Leng dkk (1994)

Manfaat ekonomi Lemna sp.

Potensi tinggi yang dimiliki Lemna sp. sampai saat ini belum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini antara lain karena informasi tentang manfaat dari tanaman ini belum diketahui secara luas. Tanaman ini, meskipun mudah ditemukan di alam, masih dianggap sebagai gulma di persawahan.

Pernah wisata hutan atau sungai?. Lemna banyak hidup liar dan mudah ditemukan namun sedikit yang tahu manfaatnya.

Apa itu Lemna Aceae
 Lemna dikeringkan untuk menjadi campuran pakan ternak

Tanaman ini dapat memberikan manfaat ekonomi yang signifikan jika diupayakan secara komersial. Untuk menuju pada tahap tersebut, diperlukan formula budidaya yang efisien dan efektif agar keberlanjutannya terjamin.

Manfaat ekonomi Lemna sp. dapat dilihat pada tabel berikut.

1. Suplemen untuk pakan unggas

Pemberian Lemna sp. 15% dalam pakan mampu memberikan produksi telur 90% dan tidak berbeda nyata dengan kontrol (reference. Haustein et al. 1990)

2. Seplemen untuk pakan unggas

Pemberian tepung Lemna sp. 25% menggantikan kedelai selama 18 minggu mampu menghasilkan produksi telur sebanyak 5,9 telur/minggu. Sedangkan pemberian tepung Lemna sp. sebanyak 40% (menggantikan seluruh penggunaan tepung ikan atau tepung kedelai) mampu menghasilkan produksi telur sebanyak 5,5 telur/minggu (reference. Haustein et al. 1990)

3. Suplemen pakan bebek

Lemna trisula dapat menggantikan 50% tepung ikan dalam pakan unggas (reference. Hamid et al., 1993)

Habitat Lemna sp.

Lemna Aceae, Morfologi,Manfaat, dan habitat
Salah satu habitat Lemna adalah kolam tanah

Air sebagai media Lemna sp., harus memiliki persyaratan sebagai berikut.

Mempunyai pH yang sesuai

Nilai pH (derajat keasaman) menggambarkan status kualitas air. Perubahan derajat keasaman (pH) terjadi akibat berlimpahnya senyawa-senyawa kimia— yang bersifat polutan maupun nonpolutan. Menurut FAO (1999), tanaman Lemna minor memiliki toleransi hidup pada kisaran pH 5—9 dan akan tumbuh baik pada pH 6,5—7,5

Mempunyai suhu yang optimum untuk mendorong proses hidup

Suhu air mempunyai pengaruh yang besar terhadap proses metabolisme tumbuhan Lemna sp. Suhu akan berpengaruh pada kelarutan oksigen dalam air. Makin tinggi suhu air, makin rendah jumlah oksigen yang terlarut. Hasil penelitian FAO (1999) menyebutkan bahwa rerata suhu air untuk tanaman air yang optimum berada pada kisaran 26,69—28,34⁰C. Suhu air mempengaruhi aktivitas metabolisme dan perkembangan suatu organisme.

Mengandung unsur hara yang cukup

Unsur hara yang ada dalam air dapat berasal dari limbah domestik yang masuk, sisa-sisa tumbuhan atau hewan yang sudah mati, serta masukan air sawah yang mengandung pupuk.

Lemna Aceae Morfologi Manfaat Dan habitat
unsur hara untuk pertumbuhan Lemna

Nitrogen yang diserap digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas tanaman antara lain pertumbuhan penting vegetatif meliputi pertumbuhan tunas, daun, dan batang.

Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Intensitas cahaya matahari akan mempengaruhi proses fotosintesis Lemna sp.

Artikel Lemna Aceae ini bersumber dari "Modul Integrasi Budidaya Lemna dengan Bio-slurry" bagian II: Lemna Sp. yang disusun oleh Dr. Ir. Meidi Syaflan, M.P., Ngatirah, S.P., M.P., dan Konsorsium Hivos. Diterbitkan dalam rangka penyebarluasan informasi tentang intensifikasi pemanfaatan ampas biogas (Bio-slurry) dalam bidang akuakultur oleh Konsorsium Hivos dan didukung oleh MCA-Indonesia dalam Program Kemakmuran Hijau (2016)

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Apa itu Lemna Aceae Morfologi Manfaat Dalam Peternakan, baca lengkap artikel pdf-nya di rumahenergi.org. Semoga bermanfaat.

Ikuti informasi lainnya dari kumpulsebar di Google News.

1 comment

  1. menarik, coba baca juga http://news.unair.ac.id/2018/07/05/mahasiswa-unair-bikin-spronafish-solusi-pakan-alami-dan-konsultasi-akuakultur/

    ReplyDelete