Tanaman Hias Mahal Yang Jadi Rebutan Para Pecinta Tanaman

Tanaman Hias Mahal Yang Jadi Rebutan Para Pecinta Tanaman

Memiliki hobi merawat tanaman hias kini bisa masuk dalam kategori hobi kelas atas. Bagaimana tidak, karena trend-nya yang semakin meningkat, tanaman hias mahal pun bermunculan dengan berbagai kelebihannya.

Merawat tanaman hias dulunya adalah hobi para ibu rumah tangga untuk mengisi waktu luang, selain mempercantik sudut rumah juga memberi kesehatan psikis karena melihat keindahan dari tanaman hias.

Seberapa mahal sih tanaman hias cantik dan jenis tanaman apa saja yang jadi rebutan para pecinta tanaman.

Jenis Tanaman Hias Mahal Yang Jadi Rebutan Para Pecinta Tanaman

Saat ini, memiliki tanaman hias yang dirawat secara intens bukan hanya hobi kaum hawa, banyak juga kaum adam yang menyenangi hobi ini. Makanya, makin hari makin banyak bermunculan tanaman hias cantik hasil dari perawatan yang intens sehingga menampakkan kecantikan tanaman itu.

Berikut kumpulsebar sampaikan beberapa jenis tanaman hias mahal yang harga jualnya cukup tinggi.

1. Ficus Lyrata (Mature Fiddle Leaf Fig Tree)

Tanaman hias ini naik daun karena sering jadi pilihan para desainer interior untuk mempercantik sisi ruangan. Namanya Fiddle leaf fig Tree atau Ficus Lyrata dalam bahasa latin.

Daun Tanaman hias ini cukup menarik perhatian dan menjadi acuan nilai jualnya. Daun hijau lebar yang menangkap cahaya memberi kesan estetik sehingga membuatnya jadi salah satu tanaman hias mahal

Di Indonesia, Tanaman hias daun ini dikenal dengan nama Ketapang biola. Walaupun tanaman ini bisa memiliki batang yang besar tapi penempatan pada pot malah membuat tampilannya sangat indah untuk menghiasi ruang rumah

Kisaran harga tanaman Fiddle leaf variatif namun masuk dalam kategori tanaman mahal karena bisa mencapai harga 1 juta untuk satu tanaman yang telah memiliki daun lebat.

Dari pencarian diberbagai sumber, harga tanaman ketapang biola dengan kualitas yang baik untuk dijadikan tanaman hias indoor ada yang mencapai angka 4 juta-an perpohon.

2. Aglonema Anyamanee Tiga Warna

Tanaman hias Aglaonema merupakan salah satu tanaman populer yang menghiasi banyak teras rumah. Tidak bisa dipungkiri, warna dari daun tanaman aglaonema sangat menarik dengan corak yang khas. Ketika corak dan warnanya terlihat menarik maka harga tanaman aglaonema pun ikut naik.

Saking populernya, banyak pemilik tanaman aglaonema tidak begitu peduli terkait peletakannya dan ketika tanaman ini naik daun sekitar tahun akhir 2019, terjadi banyak kasus pencurian tanaman dari jenis ini.

Dari banyaknya jenis dan corak daun aglaonema, ada satu varietas yang hingga saat ini harganya terbilang mahal. Varietas itu adalah Aglaonema Anyamanee

Untuk varietas Aglaonema Anyemanee, di Indonesia masih sangat terbatas karena tanaman aglaonema Anyamanee berasal dari thailand dan baru dikenal pada tahun 2019.

Ciri khas tanaman hias Aglaonema Anyamanee adalah corak dan warnanya yang berpadu dari tiga warna yaitu hijau, pink, dan putih. Bibit tanaman hias varietas ini menyentuh 300 ribu rupiah. Sedangkan harga tanaman semakin mahal bila telah siap pajang yang berkisar 4-6 juta per-pot.

3. Variegated Monstera

Monstera adalah tanaman hias eksostis dengan daun lebar yang tampak sobek. Tanaman hias Monstera variegata adalah jenis yang paling diburu oleh kolektor tanaman hias.

Meski pembudidayaan tanaman ini mudah namun masa tumbuh tanaman Monstera yang lambat membuat perederannya langka di pasaran, maka tak ayal menjadikannya sebagai salah satu tanaman hias mahal hingga saat ini

Di marketplace Indonesia, pembudidaya Monstera Variegata melepas atau menjualnya pada harga dikisaran 2 juta per-pot untuk tanaman kecil. Sementara, bila dilihat pada situs pelelangan ebay, harga variegated monstera ada yang mencapai harga belasan juta per-daun. Wow!, harga satu pot berapa tuh?!.

4. Gold of Kinabalu (Anggrek Emas Kinabalu)

List tanaman hias mahal yang telah disebutkan sebelumnya bertipikal tanaman hias berdaun, kali ini yang masuk list yaitu tanaman hias berbunga yang memiliki nilai tinggi dan tanaman hias bunga anggrek adalah pilihannya.

Anggrek emas Kinabalu berasal dari wilayah yang sesuai dengan namanya. Tanaman hias berbunga warna merah dengan corak warna emas ini punya masa budidaya yang lama sehingga menjadikannya mahal.

Di eropa, Gold of Kinabalu dikenal dengan nama Rothschild's Slipper Orchid. Karena keindahan bunganya, harga Anggrek khas Malaysia ini sangat mahal dan bisa mencapai angka puluhan juta rupiah.

5. Anggrek Hitam Papua

Untuk Jenis Anggrek Mahal yang satu ini, ada disinformasi pada penamaan Bunga Anggrek Hitam Papua. Para peneliti tanaman Anggrek tidak mengenal adanya jenis anggrek endemik Papua yang bernama Anggrek hitam Papua dan telah diklarifikasi oleh BBKSDA Papua Barat.

Tanaman hias Bunga Anggrek ini bernama asli Cymbidium Kiwi Midnight "Geyserland" hasil silangan anggrek Cymbidium Khairpour dan Cymbidium Janet Holland.

Anggrek hitam ini pernah populer pada awal tahun 2000-an. Kini, Harga tanaman hias hybrid mencapai angka puluhan hingga ratusan juta rupiah

Harga tanaman hias silang ini ikut terdongkrak naik menjadi mahal karena klaim "Anggrek langkah" dari Pulau Papua. Padahal, bunga Anggrek hias ini sama sekali bukan tanaman hias asli Papua.

6. Variegated Philodendron Minima

Foto Philodendron Minima yang ditampilkan adalah foto tanaman hias asli yang terjual dengan harga fantastis. Tanaman jenis philo ini yang kadang disebut Monstera mini atau Piccolo memiliki nama Rhaphidophora Tetrasperma

Dalam keterangannya, Variegated Minima itu memiliki 4 helai daun gabungan hijau-kuning dan tumbuh subur di pot ukuran 14 cm. Tanaman hias dengan penampakan seperti itu sangat langka sehingga menaikkan harga jualnya

Pada situs Trade Me tanggal 16 Agustus 2020. Akun Lexa1982 memasukkan penawaran terakhir 3 menit sebelum pelelangan ditutup pada harga $8.150 (USD) yang bila di Rupiah-kan pada saat itu setara 118 Juta Rupiah dan menjadi rekor penjualan termahal di situs itu.

Untuk jenis tanaman hias Philodendron non-variegata terbilang tanaman populer. Biasanya terjual di kisaran puluhan dollar atau mendekati harga 1 Juta Rupiah. Tapi, karena tanaman variegata terbilang langka maka harga tanaman ini melejit kencang di pelelangan tanaman hias.

Beberapa tanaman hias mahal di pasaran karena dipengaruhi beberapa faktor. Keindahan tentu saja harus dimiliki oleh tanaman itu tapi yang paling mempengaruhi adalah faktor langka dan tingkat kesulitan dalam pembudidayaannya.

Sekian daftar Tanaman hias mahal yang jadi rebutan para pecinta tanaman. Inti dari hobi merawat tanaman adalah pembudidayaan jangka panjang. Jadi, bagi pembudidaya yang belum punya tanaman hias mahal tak perlu risau, Anda adalah pahlawan flora.