Cara Mengisi Pajak Adsense Agar Terhindar dari Pemotongan Pajak US

Cara Mengisi Pajak Adsense Agar Terhindar dari Pemotongan Pajak US

Cara Mengisi Pajak Adsense

Pada tahun 2021 menjelang musim pajak di Negara Amerika Serikat, Google Adsense sebagai Platform periklanan online mengeluarkan kebijakan baru kepada para publisher adsense untuk mengisi form W-8BEN.

Formulir pajak itu wajib diisi oleh semua publisher agar Google adsense bisa mengindentifikasi nilai pajak yang wajib dipotong dari pendapatan para publisher.

mengisi form pajak google adsense

Di semua akun para adsenser bermunculan pesan pop-up yang memberi pemberitahuan penting tentang kewajiban mengisi informasi pajak seperti gambar di atas. Karena ini wajib maka kumpulsebar akan memberi petunjuk lengkap cara mengisi informsi pajak bagi publiser adsense.

Panduan Lengkap Cara Mengisi Informasi Pajak Adsense

Siapa yang harus melengkapi Informasi Pajak Adsense?

Sejak Youtube memisahkan ruang analytic-nya dari halaman google adsense, ada banyak kebijakan baru bermunculan yang tidak menargetkan semua publisher adsense. Terkadang Adsense mengeluarkan kebijakan khusus untuk content creator youtube dan tidak berlaku untuk blogger, atau sebaliknya.

Tapi, untuk permintaan Informasi Pajak ini, berlaku untuk semua pengguna baik itu blogger atau content creator youtube.

Untuk Apa Mengisi Informasi Pajak Adsense?

Saat publisher adsense ingin mengisi informasi pajak dengan meng-klik Manage Tax Info maka akan terlihat kembali pemberitahuan mengenai untuk apa dan kenapa pengisian informasi ini penting. Pada gambar di atas tertulis 3 poin yaitu:

  • Bagaimana Pajak Publisher Adsense dikumpulkan (collected)
  • Bagaimana Pajak Publisher Adsense tertahan (withheld)
  • Bagaimana Pajak Publisher Adsense dilaporkan (reported)

Kebijakan ini terkait oleh aturan dari pengawas pajak amerika dan bila ingin tahu lebih banyak silahkan mengunjungi IRS-ITA.

Apa yang terjadi bila tidak melengkapi Informasi Pajak Adsense?

Dalam aturan pengawas pajak Amerika Serikat (US), setiap individu yang berbisnis atau mengambil keuntungan dari warga US akan dikenai pajak. Karena Google adalah perusahaan US maka produknya pun harus mengikuti aturan pajak US.

Lalu, kenapa publisher yang warga Non-US harus ikut menanggung pajak?, padahal di negara masing-masing juga membayar pajak. Nah, disinilah gunanya mengisi infomasi pajak adsense agar Google bisa mengindentifikasi mana akun yang masuk kategori wajib dibebankan pajak mana akun yang tidak kena beban.

Google Adsense memberi kesempatan untuk melengkapi informasi pajak hingga 31 Mei 2021 atau akhir dari masa jatuh tempo pelaporan pajak di US. Bagi yang tidak mengisi informasi pajak maka dianggap sebagai Wajib Pajak US dan dan dikenai pemotongan pajak sebesar 24%.

Untuk menghidari potongan pajak sebesar penjelasan di atas. Yuk, lengkapi informasi pajaknya. Silahkan ikuti panduan lengkap cara pengisian dibawah ini beserta gambar screenshoot-nya biar mudah dipahami.

Langkah-langkah melengkapi Informasi Pajak W-8BEN pada laman Google Adsense.

1. Verifikasi Data Publisher (Pengguna Adsense).

Pada halaman pengguna akun adsense akan muncul pop-up dibagian atas. Pilih Manage Tax Info untuk menuju ke Halaman Pengisian Informasi Pajak. Kemudian Klik Add Tax Info. *pop-up verifikasi keamanan standar akan muncul untuk mengisi password email akun adsense sebaiknya matikan pop-up blocker bila ada.

Untuk menghindari beban pemotongan pajak yang besar, isi informasi bahwa akun anda Individual dan selanjutnya checklist pilihan NO untuk klaim bukan warga yang tinggal di Amerika Serikat (US).

2. Permintaan Formulir Pengisian

Sebagai akun Individu Non-US, Maka tipe formulir yang di pilih adalah formulir tipe W-8BEN. Kemudian Klik tombol START W-8BEN FORM.

3. Mengisi Identitas Wajib Pajak (Tax Identity).

Isi kolom Name of individual dengan nama lengkap pemilik akun adsense dan seusai dengan data pada profil akun Adsense. Kolom Country/Region of Citizenship pilih Indonesia.

Untuk kolom DBA (doing business as), terjelaskan bahwa diisi bila nama pada dokumen pajak adalah perusahaan dan berbeda dengan nama pemilik akun. *Lewati pengisian kolom DBA karena pada tahap sebelumnya telah mengklaim sebagai akun individual.

Kolom Foreign TIN adalah Nomor Wajib Pajak Warga Non-US. Wajib diisi agar terbebas dari potongan pajak penghasilan federal US.

Foreign TIN bisa di isi dengan nomor yang tertera pada kartu NPWP. Ditulis tanpa karakter (-) dan spasi.

Bila belum memiliki NPWP, Bookmark dulu artikel ini dan hentikan proses pengisian. Kewajiban anda sekarang menyiapkan berkas untuk penerbitan NPWP bukan isi formulir W-8BEN. Cara pengurusannya bisa offline dan online. Baca artikel ini tentang Bagaimana Cara penerbitan NPWP Online.

4. Melengkapi alamat lengkap wajib pajak

Beri Centang pada Permanent residence address. Lalu, isi alamat lengkap.

  • Address line 1, wajib diisi. Masukkan alamat yang sama dengan yang tertera di Kartu NPWP.
  • Address line 2, opsional, bisa dikosongkan tapi sebaiknya isi saja dengan nama kelurahan dan kecamatan.
  • City. Nama Kota. Wajib diisi.
  • Province. Nama Provinsi. Wajib diisi.
  • Postal Code, Kode pos kelurahan/kecamatan. Wajib diisi.

Checklist Mailing address is same as permanent residence address bila alamat anda menerima surat/kartu pos sama dengan data yang telah diisi sebelumnya.

5. Klaim Perjanjian Pajak (Tax Treaty)

Pada tahap ini, Pengguna adsense akan mengindentifikasi atau mengklaim dirinya sebagai pengguna bukan warga US dan meminta penurunan potongan pajak sebagai bagian dari perjanjian pajak antar negara.

Pilih Yes. Lalu isi Country/Region: Indonesia

Pada Spesial rates and condotions. Ada 3 Pilihan:

  • Service (such as AdSense)
  • Motion Picture and TV Royalties
  • Other Copyright Royalties.

Ketiga pilihan itu bisa di centang atau hanya salah satunya.

Dari ketiga pilihan yang ada. Mencentang Service (such as AdSense) adalah yang utama bila anda hanya blogger atau konten kreator yang bukan dalam kategori Major Label.

  • Article and paragraph, pilih Article 8 and paragraph 1
  • Withholding rate. Pilih 0% (reduced treaty rate) 
Pada pilihan Motion Picture and TV Royalties serta Other Copyright Royalties. Bisa di centang bisa tidak. Bila mencentangnya, sebaiknya Pilih Withholding rate yang terkecil. Seperti gambar di atas.

6. Review informasi dokumen pajak dan konfirmasi.

Pada tahap ini, pengguna adsense telah menyelesaikan prngisian formulir dan diberi kesempatan mereview data yang telah di berikan. format Pdf bisa dilihat dengan meng-klik gambar formulir.

Setelah di review dan sudah sesuai dengan data yang sebenarnya. Beri centang konfirmasi. Lalu, klik Next

7. Pengesahan data.

Tuliskan Nama pada kolom Your Signature. Lalu pilih Yes. I am the person...

8. Pernyataan aktivitas dan layanan di Amerika Serikat

Pernyataan pada tahap ini adalah pernyataan bahwa pemilik akun adsense menyediakan layanan dan aktivitas yang bisa bersentuhan dengan warga Amerika Serikat (US).

Pilih Yes.

Pada Status change affidavit. ada 2 pilihan.

  • Bila anda mendapatkan penghasilan dari Adsense namun belum mendapat pembayaran (belum memenuhi ambang batas pembayaran). Pilih opsi pertama.
  • Bila anda mendapatkan penghasilan dari Adsense dan telah mendapat pembayaran. Pilih opsi kedua.

Silahkan Klik tombol Submit untuk menyelesaikan pengisian informasi pajak.

Bila semua pengisian telah benar dan telah diterima oleh Pihak Google Adsense maka halaman tampilan Manage Tax Info akan memberikan informasi bahwa semua data telah di Approve. Seperti gambar di bawah ini.

Bila tampilan Manage Tax Info belum berubah. Coba lakukan Refresh Page. atau klik Manage Tax Info pada pop-up bagian atas (bila masih ada)

Sekarang, anda sebagai publisher atau pengguna Adsense telah menyelesaikan proses pengisian informasi pajak.

Ketentuan penurunan pemotongan pajak ini akan diberlakukan oleh pihak Google AdSense mulai Juni 2021.

Demikianlah proses Cara Mengisi Pajak Adsense Agar Terhindar dari Pemotongan Pajak US, Semoga pendapatannya makin naik secara signifikan.