Kisah Mistis Mantra Baru Film Jailangkung, Datang Gendong, Pulang Bopong

Kisah Mistis Mantra Baru Film Jailangkung, Datang Gendong, Pulang Bopong

Datang gendong - Pulang bopong

Pada film sekuel terbaru Jailangkung (2017). Ada yang berbeda dari inti ritual pemanggilan arwah melalui boneka Jailangkung. Perbedaan itu sangat mendasar karena berada pada mantra pemanggil jailangkung dalam ritual mistis kuno yang legendaris ini.

Mantra yang selama ini kita ingat dalam kisah-kisah yang tersebar di masyarakat selalu berusaha tidak terikat dengan yang dipanggil namun pada film horor Jailankung ini berbeda dan menimbulkan sensasi horor yang mencekam.

Jailangkung...Jailangkung.
Di sini ada pesta, Pesta kecil-kecilan
Datang gendong, Pulang bopong...

Film Jailangkung terbaru besutan Rizal Mantovani dan Jose Poernomo sangat berbeda dengan Jelangkung versi 2001, Kalau dahulu pelaku ritual tidak bertanggung jawab terhadap datang pulangnya si arwah, kali ini sang pelaku ritual dengan gamblang menawarkan jemput-antar arwah yang dipanggil.

Kisah Mistis Mantra Baru Film Jailangkung

Perubahan mantra ini bukan tanpa alasan atau hanya permainan kata agar film lebih dramatis, cerita Jose dan Rizal ketika Film Jailangkung (2001) selesai tayang dan sukses besar.

Banyak orang yang masih dekat dengan ritual ini mendatangi mereka. Berbagai cerita dan kisah mereka dengar dari orang-orang itu, termasuk mantra pemanggil dalam ritual Jailangkung.

Pada film Tusuk Jailangkung (sekuel kedua, 2003) arahan Dimas Djayadingrat, mantra dalam ritual diubah dengan menghilangkan kata "tak" menjadi "datang dijemput, pulang diantar".

Karena banyaknya kisah dari orang-orang yang dekat dengan pengetahuan ritual kuno itu berkata pelaku harus menumbalkan dirinya jemput-antar agar si arwah mudah dipanggil.

"Saat itu ada satu orang yang cerita dengan spesifik, Mantra yang selama ini diketahui 'datang tak dijemput, pulang tak diantar' bukan mantra asli atau sebenarnya dan hasil dari perubahan demi tujuan supaya main jelangkung tidak perlu di jemput dan mengantar pulang. Kami amankan masukan itu."

Pada Film Terbaru Jailangkung (2017), Revisi mantranya cukup besar, itu karena kenangan yang di alami pembesut filmnya. Si sutradara Jose merasakan sendiri sensasinya dan sulit lupa.

"Sebelum revisi kita coba masukan dari orang-orang, katanya 'Datang gendong, pulang bopong' itu pasti ada yang datang. Dicobain (dan berhasil), Pertama kali saya lihat media jailangkungnya gak dipegang tapi gerak sendiri ya disitu"

"Jadi nggak bisa lupa dengan Datang gendong, pulang bopong," ungkap Jose.

Jadwal Tayang Perdana

Film Jailangkung tayang pada masa libur lebaran di bioskop mulai Minggu 25 Juni 2017.

Pemeran Film Jailangkung adalah Bella (Amanda Rawles), Angel (Hanna Al-Rashid), dan Tasya (Gabriella Quinlyn), serta Lukman Sardi yang menjadi tokoh Ayah mereka yang koma secara misterius.

Dasar cerita Film Horor ini berangkat dari 3 orang gadis itu yang berusaha menemukan jawaban dari kejadian misterius yang menimpa ayah mereka.

Tokoh yang mejadi aktor utama juga adalah Jefry Nichol sebagai Rama, peminat hal metafisik yang juga teman kampus Bella, serta Augie Fantinus sebagai seorang pilot yang menjadi penunjuk tempat dimana Ayah Bella ditemukan sekarat secara misterius.

Kisah horor film Jailangkung ini berawal dari situ, Di tengah hutan, menemukan rumah besar beserta Jailangkung sebagai media pemanggil arwah.

"Jantung kalian akan mulai berdetak tidak karuan setelah scene ini", kata Jefry.

Selain keenam pemain di atas, Aktris dan Aktor senior seperti Wulan Guritno dan Butet Kertaradjasa juga hadir sebagai pemeran di film Jailangkung ini.

Dengan Bendera Screenplay Films dan Legacy Pictures, Film horor Jailangkung ini berjalan dan diproduseri oleh Wicky V Olindo dan Sukdhev Singh. Baskoro Adi Wuryanto di dapuk menjadi penulis skenario.