Cara Mengetahui Sepatu Vans Asli atau Palsu, Apa Perbedaannya?

Cara Mengetahui Sepatu Vans Asli atau Palsu, Apa Perbedaannya?

Sepatu vans adalah salah satu dari 10 merek sepatu terkenal yang jadi pilihan banyak orang memaksimalkan penampilan. Saking populernya, tidak heran bila di pasaran, sepatu vans palsu mudah ditemukan. Para produsen atau pabrik sepatu KW (palsu) juga semakin baik dalam meniru sepatu vans yang original, tapi jangan risau. Sepatu vans asli dan palsu masih bisa dibedakan kok.

Bagi Sneakerhead atau penggemar sepatu brand Vans, wajib untuk mengetahui ciri vans original yang akan dibeli. Apalagi bagi yang suka thrifting atau pemburu sepatu bekas yang original.

CARA MUDAH MENGETAHUI SEPATU VANS ASLI ATAU PALSU

Perbedaan bahan, logo, serta waffle code vans adalah hal yang perlu kalian ketahui. Bila berbelanja sepatu di toko offline yang resmi, mungkin tugas mengamati sepatu jadi sedikit lebih ringan dan tidak was-was. Namun, beda bila belanja di toko online yang bukan toko resmi. Harus lebih teliti dan paham perbedaan sepatu Vans asli dan palsu.

perbedaan sepatu vans asli dan palsu
vans original

Cek Harga Toko Resmi

Vans Original

vans original

Cek Harga Toko Resmi

Vans Original

Seperti halnya artikel lain tentang sepatu Adidas. Berikut kumpulsebar jabarkan beberapa detail keaslian sepatu yang harus diketahui saat berbelanja sepatu vans agar bisa membedakan sepatu vans original dan palsu atau KW.

1. Kotak Sepatu Vans Asli.

Bila kalian membeli sepatu vans secara online, maka hal yang paling pertama untuk di amati adalah kotak sepatu. Kotak sepatu Vans original akan tampak kokoh dengan printing yang baik serta memberi informasi yang detail terkait isi kotak sepatu.

Perbedaan sepatu vans asli dan palsu

2. Memiliki Bar Code atau QR Code yang sesuai.

Setiap sepatu yang keluar dari pabrik dan telah melalui quality control untuk dijual akan memiliki Bar Code atau QR Code sebagai penyimpan informasi detail terkait produk yang di jual.

perbedaan sepatu vans asli dan palsu

Barcode / QR Code biasanya akan berdampingan dengan informasi produk yang tertera di sticker yang tertempel pada kotak atau dus sepatu dan dapat di scan dengan aplikasi barcode reader. Saat melalukan Scan barcode vans, informasi yang tertera akan berbeda dari tiap aplikasi reader, tapi yang paling sering hadir dari hasil scan barcode adalah tipe sepatu vans serta asal pabrik pembuatannya.

scan barcode vans

Bar Code yang tertera bisa jadi  acuan apakah produk yang ada di dalam dus atau kotak sepatu adalah sepatu yang benar asli dan sesuai dengan informasi yang ada. Scan Barcode atau QR Code untuk melihat informasinya dan sesuai dengan Sepatu yang ada di dalamnya.

3. Perhatikan Informasi Asal Sepatu Vans Made in dari mana. Apakah sesuai dengan Tag Sepatu Original?

Vans adalah sebuah perusahaan mode yang berasal dari Anaheim, California, Amerika. Vans memproduksi sepatu skateboard dan Pakaian. Meski asal sepatu Vans dari Amerika tapi Vans memiliki banyak pabrik pembuat sepatu yang tersebar di beberapa negara.

perbedaan tag sepatu vans original

Sepatu Vans Original bisa saja berlabel Made in China, atau Made in Vietnam karena dua negara itu memiliki pabrik yang meproduksi sepatu paling banyak.

Pabrik Resmi Pembuat Sepatu Vans Original

Meski Vans berasal dari Amerika, pabrik sepatu vans tersebar dibeberapa negara untuk memenuhi permintaan global. Pabrik Sepatu Vans Made in USA yang berada di California hanya memproduksi sepatu untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik di Amerika dan sebagian Eropa, sementara beberapa pabrik sepatu Vans di Asia menjangkau lebih banyak wilayah regional.

Pabrik resmi sepatu vans

Sepatu Vans Made in China, menjangkau banyak pasar di Asia serta Eropa, bahkan juga distribusi pasokannnya memasuki Amerika. Sepatu Vans Made in Vietnam, terdistribusi ke beberapa wilayah Asia Tenggara dan Barat.

Pabrik resmi sepatu vans

Untuk wilayah ASEAN seperti Indonesia, Sepatu Vans Asli yang dijual oleh toko resmi banyak di import dari Cina dan Vietnam dengan label Made In China serta Made in Vietnam. Tapi bila berburu sepatu vans ori di pasar bekas, kalian mungkin menemukan sepatu vans buatan negara lain seperti Cambodia (red. Kamboja)

Apakah Sepatu Vans Made in Cambodia, asli ?

Sepatu vans yang berlabel Made in Cambodia adalah salah satu sepatu original dan resmi dari Vans. Wilayah Eropa timur biasanya menjadi tujuan pasokan sepatu vans Made in Cambodia dan memiliki waffle code: CLK pada label informasi dan juga di sepatu.

Sepatu Vans asli made in cambodia

4. Penampakan Merek Vans di Sepatu Asli

Trademark Vans yang ikonik terpampang cukup jelas dibeberapa bagian sepatu original. meskipun sepatu vans palsu juga memiliki logo Vans yang tampak sama namun detail penempatan dan bentuk bisa menjadi perbedaan sepatu vans yang asli dan palsu.

Trademark Vans "off the wall" Tampak Jelas

perbedaan sepatu vans asli dan palsu

Pada tahun 1976, salah satu jenis sepatu vans yang ikonik bernama Era diproduksi, bersamaan dengan itu pertama kali pula logo vans "off the wall" lahir. Logo Vans original yang kita ketahui saat ini biasanya terpasang di bagian belakang sepatu atau heelpad adalah pajangan merek paling jelas karena berwarna merah, kadang juga berwarna lain pada edisi tertentu atau sepatu vans kolaborasi.

Logo Vans pada sepatu original, penampakan huruf-hurufnya jelas dan tidak meluber, warnanya juga baik sehingga tidak mudah pudar, kecuali terkikis dengan kasar karena cetakannya bersatu dengan karetnya.

Jahitan dan Tekstur Rapi.

perbedaan sepatu vans asli dan palsu

Ciri-ciri sepatu vans asli lainnya juga bisa dilihat dari jalur jahitan serta tekstur yang tercetak pada bagian atas sepatu atau upper. Jahitan rapi bisa diamati pada alur jahitannya yang lurus, tidak goyah dari alurnya.

Untuk tekstur bumper yang tercetak dibagian depan midsole, akan tampak detail, rapi, dan seimbang karena dicetak dengan mesin berkualitas yang tingkat presisinya tinggi. Sementara sepatu vans palsu kadang memiliki pola berbeda atau tekstur yang timbul tidak sama besar pada bagian bumper.

Trademark Jazz Stripe Sepatu Vans yang Melengkung Presisi.

perbedaan sepatu vans asli dan palsu

Coba perhatikan bagian Jazz Stripe atau trademark ikonik sepatu vans pada upper shoes (sisi samping sepatu), lekuk stripe ikonik itu akan terpasang presisi dengan pola sepatu.

Fun Fact: Trademark "Jazz Stripe" yang ikonik tidak muncul bersamaan dengan hadirnya sepatu vans pertama kali, Jazz Stripe pertama kali digunakan pada model Old skool pada tahun 1977. 10 tahun sejak produksi sepatu pertama Vans. Selengkapnya baca: Jenis sepatu Vans yang ikonik.

Lengkungan di bawah Vinyl Collar pun akan terlihat melengkung sempurna mengikuti pola dengan presisi. Sepatu vans palsu biasanya tidak memiliki tingkat presisi yang baik.

Logo Vans Dalam Sepatu (insole) Tercetak Terbalik

perbedaan sepatu vans asli dan palsu

Pada bagian midsole, produsen sepatu sering menyelipkan logo atau trademark yang mudah terlihat dari luar. Untuk sepatu Vans original, pakemnya sudah jelas seperti gambar di atas.

Meskipun model penempatan logonya mudah ditiru oleh produsen sepatu Vans KW tapi setidaknya, kamu sudah bisa menilai dan bila menemukan arah baca tulisannya terbalik, itu sudah pasti sepatu vans palsu.

Waffle Code Resmi Sepatu Vans

Waffle code Vans pada Outsole sepatu Vans memiliki informasi dari pabrik mana sepatu itu berasal. Tiap pabrik sepatu biasanya memiliki kode masing-masing untuk dibenamkan pada alas sepatu tapi bila ingin mencari sepatu original yang resmi, maka kalian harus tahu, pabrik dari mana saja yang menjadi produsen resmi Vans.

kode waffle sepatu vans original

Sepatu vans original made in china memiliki kode waffle yang berbeda-beda, yang dinyatakan resmi adalah: DT, HF, ICC, IFC, SHC, ZDC

Kalau kalian menemukan kode waffle Vans EVB apakah asli?. Ya. waffle code EVB adalah salah satu kode sepatu Vans Made in Vietnam yang paling banyak beredar di pasaran. ada juga kode waffle buatan Vietnam yang berinisial DT, HF.

Karena HF dan DT juga salah satu kode waffle made in china, jadi ada yang kadang salah kaprah menganggap waffle code vans HF made in vietnam itu sepatu vans palsu. Sebaliknya, Sepatu Vans palsu Made in USA dengan waffle code GH, dianggap sepatu vans asli padahal bukan. Tidak semua produk seketika menjadi ori hanya karena bawa-bawa kata U.S.A.

Indonesia juga terdaftar lho sebagai negara pabrikan sepatu Vans original, menggunakan kode waffle GSI. Hanya saja tidak akan ditemukan di toko resmi Indonesia, karena produksinya diperuntukkan bagi pasar Amerika dan Eropa. Pasar sepatu Vans di Indonesia sendiri dipenuhi oleh produk impor dari China dan Vietnam.

Bagi pemburu sepatu Vans bekas original, wajib banget untuk mengetahui waffle vans original, karena kode waffle sepatu Vans yang akan kalian beli tidak menggunakan box sepatu yang biasanya dijadikan acuan. jadi hanya kode waffle sepatu yang bisa kalian amati. 

Di pasar sepatu bekas, kalian akan menemukan banyak sepatu vans yang bukan pabrikan China dan vietnam. Seperti sepatu Vans Made in Cambodia sangat banyak masuk di Indonesia, kode waffle sepatu buatan kamboja berinisial CLK.

Kalau ketemu sepatu Vans Made in Thailand atau Made in Philippines, apakah asli atau palsu?.

Di Indonesia, ada juga (tapi jarang) sepatu vans original made in Thailand: Waffle code PA, atau sepatu vans Made in Philippines: Kode Waffle J. Walaupun Sepatu Vans buatan Thailand dan Filipina terdaftar sebagai produsen resmi sepatu vans original tapi biasanya produknya hanya beredar di pasar sepatu bekas Indonesia.

Tips bagi yang suka Thrifting:

Bila kalian menemukan sepatu Vans made in Japan dengan warna sol/alas berbeda, itu menandakan sepatu vans itu diperuntukkan pasar global dan pasar lokal (jepang).

Perbedaan sepatu vans asli dan palsu

Warna sol untuk pasar lokal lebih cerah, sedangkan sepatu vans made in japan untuk pasar global memiliki warna sol lebih gelap. waffle code R. posisinya berada dibawah tumit.

Cek Harga Terbaru dan Kupon Promo

Semoga ciri-ciri yang dijelaskan di atas untuk mengetahui perbedaan sepatu vans asli atau palsu ini bisa memberi informasi yang jelas ya. Kalau ada masukan lain mengenai perbedaan sepatu asli dan KW, silahkan tambahkan di komentar.

Ikuti update informasi menarik dari kumpulsebar di Google News.

1 comment