Mengenal Bunga Edelweis Rawa Langka di Indonesia

Mengenal Bunga Edelweis Rawa Langka di Indonesia

bunga edelweis rawa

Bunga rawa yang satu ini adalah rumput berbunga yang kadang disepelekan di habitatnya. Padahal, bunga ini merupakan salah satu jenis rumput rawa yang langka ditemukan di Indonesia.

ukuran bunga edelweis rawa

Bunga ini bernama Yellow Hatpins, dengan nama ilmiah Syngonanthus flavidulus. Di Indonesia bunga rawa ini disebut, Bunga edelweis rawa.

Seperti apa itu Bunga Rawa Edelweis?

bunga rawa

Di Indonesia, Bunga rawa ini tidak begitu dikenal penamaan dan pertumbuhannya hanya dianggap sebagai tanaman biasa serta bagian dari rumput yang tumbuh di rawa-rawa, sepanjang tepi danau dan di hutan pinus basah. tapi, menurut data, tanaman ini ternyata hanya tumbuh dibeberapa kawasan di Indonesia. Misalnya, di Kalimantan; tanaman bunga rawa ini tidak ditemukan sama sekali.

Bunga Edelweis rawa mendapatkan nama edelweis karena bunganya yang tidak layu saat dipetik, seperti edelweis Anaphalis javanica; walaupun bunga rawa (Fam: Eriocaulaceae) ini bukanlah bagian dari bunga edelweis (Fam: Asteraceae).

Bunga rawa edelweis adalah tumbuhan rawa yang berakar besar, termasuk tumbuhan air (aquatic plants) yang memerlukan banyak asupan air pada akarnya karena tanaman ini tidak menyerap karbon dioksida dari udara melainkan dari tanah melalui akarnya untuk berfotosintesis.

Bunga rawa ini menurut wildflower search adalah tumbuhan native di Florida, A.S. dengan sebutan Yellow Hatpins. tapi menurut Institut Konservasi Regional, tanaman ini langka di Florida Selatan.

bunga rawa edelweis
penyebaran syngonanthus flavidulus di florida - source: osm-wildflowersearch

Seperti yang dikutip dari wild south florida, Peneliti bernama J.C. Th. Uphof, menulis dalam "American Journal of Botany" edisi Januari 1927. Bunga-bunga kecil yang menyatu menjadi kepala yang lebat tidak menarik bagi serangga dan jarang dikunjungi. Itu berarti bahwa tanaman ini mengandalkan penyerbukan sendiri atau angin untuk menyebarkan materi genetik mereka.

Dalam penelitian terbaru, Serangga ternyata bisa memberi peningkatan kualitas benih bila ikut berperan dalam penyerbukan pada tananam Yellow hatpins / bunga rawa. 

Bunga edelweis rawa ini bisa dibilang adalah perhiasan padang rumput, karena keindahan yang diberikan pada saat bunganya bermekaran, jadi kawasan padang rumput yang ditumbuhi oleh bunga edelweis rawa akan sangat beruntung karena memiliki nilai lebih.

Tanaman ini dalam dunia pengobatan tidak memiliki manfaat sama sekali bagi manusia, tapi itu bukan alasan untuk menyepelekan pertumbuhan tanaman ini. Apalagi, tanaman bunga rawa edeleweis ini penyebarannya tidak begitu banyak di Indonesia, jadi sangat penting untuk menjaga kelestariannya bila menemukan tanaman ini.

bunga rawa edelweis

Inilah sedikit ulasan tentang seperti apa itu bunga rawa, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan untuk melestarikan tanaman-tanaman langka yang kurang dikenali oleh banyak orang.

image credits:

  • Yellow Hatpins (Syngonanthus flavidulus) by Mary Keim
  • Yellow hatpins observation by brycelee
  • 169591-Syngonanthus favidulus - iNaturalist
  • Photo by strgzzr - yellow hatpins savana