Jenis Calathea Untuk Tanaman Hias dalam Rumah

Jenis Calathea Untuk Tanaman Hias dalam Rumah

Kalatea atau Calathea adalah genus tanaman yang termasuk dalam keluarga Marantaceae yang berasal dari wilayah tropis benua Amerika dengan jenis yang sangat banyak dan merupakan genus terbesar. Daun calathea bercorak warna-warni dan warna daunnya sangat tipikal sebagai Tanaman hias dalam rumah untuk mempercantik ruangan.

Banyaknya bentuk dan corak yang dimiliki jenis bunga calathea membuat anda bisa menyesuaikan pilihan pada jenis apa yang cocok untuk memberi nuansa alami dalam ruangan. Ada banyak jenis Calatea yang pantas jadi pilihan tanaman hias dalam rumah.

Jenis tanaman Calathea
Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik dalam ruangan yang rendah cahaya. Untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik dengan corak yang indah, tanaman ini membutuhkan kelembaban yang konsisten di area peletakannya.

Ragam Jenis Calathea sebagai Tanaman Hias dalam Rumah

Jenis tanaman Calathea memiliki banyak rupa yang menarik untuk menjadi Tanaman Hias dalam Rumah. Berikut beberapa jenis tanaman hias calathea sebagai perkenalan agar jatuh cinta.

Calathea Bicajoux

Bila mencari tanaman Calathea yang menarik dan juga dekoratif, Calathea bicajoux merupakan salah satunya karena motif yang dimiliki oleh daunnya berwarna-warni.

Tanaman Hias Calathea

Bunga tanaman calathea Bicajoux yang menarik bisa tumbuh subur di tempat yang teduh dan bermekaran selama beberapa bulan atau paling tidak 12 minggu.

Calathea Crocata (bunga orange)

Spesies Calathea yang satu ini adalah tanaman yang tidak menyukai panas jadi harus ditempatkan ditempat yang teduh. Tanaman Calathea Crocata merupakan salah satu jenis calathea yang sangat mengesankan untuk ditempatkan pada pot.

Tanaman hias Calathea

Saat malam hari, dedaunan calathea Crocata akan selalu menutup baik pada saat kumtum bunganya masih ada ataupun telah rontok. Jangan lupa beri media tanam yang pouros bila menaruhnya pada wadah pot.

Calathea Peacock Ginger (Kaempferia Pulchra Peacock Ginger)

Tanaman ini adalah salah satu primadona pada spesies Calathea. Di Indonesia, Pecinta tanaman hias Calathea bisa menemukannya dengan nama lain yaitu Calathea Kencur. Tanaman bergenre daun yang sangat popular walaupun termasuk dalam salah satu tanaman yang berharga mahal.

Calathea langka dan mahal

Calathea Peacock Ginger memiliki nama ilmiah yang sangat panjang yaitu Calathea Kaempferia Pulchra Peacock Ginger. Jenis tanaman hias calathea ini mudah dirawat dan tumbuh subur, hanya saja saat ini jenisnya termasuk calathea langka maka harganya terus melejit naik.

Calathea Lancifolia (Calathea keris)

Jenis Calathea keris merupakan jenis yang memiliki bentuk daun yang cukup berbeda dari varian calathea. Tanaman ini secara global dikenal dengan nama Calathea Lancifolia.

Beberapa desainer interior yang ingin memberi kesan hijau dari tanaman pada desain interiornya sering menggunakan tanaman hias calathea lancifolia untuk menghadirkan kesan pembatas horinzontal. Tampilannya cukup elegan membuat jenis calathea ini sangat meningkat popularitasnya.

Tanaman hias Calathea

Apalagi tanaman yang juga di sebut Calathea bulu ayam ini bisa tetap bertahan di media tanam yang minim unsur hara.

Calathea Leopardina

Tanaman maranta unik ini sangat populer di jenisnya, harganya juga terbilang ekonomis. Calathea Leopardina adalah jenis tanaman yang sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat,  dan yang terpenting, tanaman bergenre daun ini bisa ditempatkan didalam maupun luar ruangan.

tanaman hias dalam rumah

Calathea Leopardina juga di kenal dengan sebutan calathea bambu membutuhkan sinar matahari. Penempatan tanaman ini sangat cocok sebagai penghias jendela. Walau membutuhkan sinar matahari tapi tidak harus secara langsung dan sering. (image source: pinterest)

Calathea Roseopicta Dottie (black lipstik garis putih)

Reseopicta dottie salah satu jenis calathea yang memiliki warna daun yang unik karena sangat gelap. warna daun reseopicta seperti berwarna hitam namun sebenarnya berwarna merah muda gelap. Dengan corak merah muda terang, penampakan daun calathea resopicta dottie terlihat sangat eksklusif walau harga tanamannya masih terbilang murah.

Calathea roseopicta dottie

Cukup dengan media tanam yang pourus, Calathea roseopicta ini sudah bisa tumbuh dengan baik pada sisi rumah yang teduh. Salah satu jenis tanaman yang bisa menghiasi meja-meja dalam rumah.

Calathea Rufibarba Elger Grass (Calathea keris hijau)

Tanaman Calathea keris hijau ini memiliki nama ilmiah Calathea rufibarba elger grass adalah tanaman hutan yang membutuhkan kelembaban. Karena tidak harus terkena matahari secara penuh, maka jenis calathea yang satu ini sangat cocok untuk jadi tanaman hias dalam rumah. (image source: bakker.com)

Calathea Elger grass

Daun Calathea keris hijau pada malam hari akan tegak ke atas dan kembali ke bentuk semula di pagi hari dengan warna yang lebih mengkilat seperti plastik. Itulah kenapa tanaman hias ini kadang disebut calathea "sleeping beauty".

Calathea Zebrina (Calathea kipas dewa)

Dengan ragam corak daun yang terang, tanaman calathea telah menjadi salah satu jenis tanaman hias favorit banyak gardener. Calathea zebrina yang bagi pecinta tanaman hias di Indonesia disebut calathea kipas dewa termasuk salah satu jenis yang memiliki corak daun paling disukai.

Calathea Zebrina Kipas Dewa

Dengan kemudahan dalam perawatannya dan tidak memerlukan terpapar sinar matahari secara langsung menjadikannya sebagai penghias sudut ruang rumah yang populer.

Ragam jenis calathea sangat banyak, mulai dari calathea klasifikasi rendah hingga yang tinggi. Tapi, beberapa harganya terjangkau untuk menambah koleksi gardener. lebih lengkap telah kumpulsebar rangkum pada artikel jenis calathea dan harga jualnya.

Jenis-Jenis Calathea yang Langkah

Sebagai tanaman hias dalam rumah yang mulai dilirik, ternyata ada juga jenis tanaman hias calathea yang langkah dan mulai sulit ditemukan di pasaran. beberapa yang termasuk calathea langka akan kumpulsebar rangkum di bawah ini.

1. Calathea Lindeniana (Tanaman langka)

jenis calathea langka

Tanaman maranta koleksi ini memiliki nama ilmiah Calathea lindeniana yang sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat, harganya memang tergolong mahal. Tapi yang perlu diketahui saja tanaman bergenre daun ini bisa merupaan tanaman langka. (image credit: plantillustrations.org)

2. Calathea Ctenanthe Setosa "Grey star" (Tanaman langka)

jenis calathea langka

Tanaman maranta koleksi ini memiliki nama ilmiah Calathea ctenanthe setosa grey star yang sangat mudah untuk tumbuh dan dirawat, harganya memang mahal. (image credit: loftleaf.co.uk)

jenis calathea langka

Tapi yang perlu diketahui saja tanaman bergenre daun ini bisa merupaan tanaman langka. (image credit: instagram.com/soiledplanties)

3. Calathea Concina Freddie (Langka dipasaran)

Tanaman calathea langka

Tanaman ini memiliki Dedaunannya yang nampak Berani dan mencolok dalam berbagai warna dan pola. (image credit: plant care today)

Persyaratan Perawatan Tanaman Calathea: Lembab, tanah yang berpori, kelembaban tinggi, terang, cahaya tidak langsung, suhu hangat (60-70 derajat Fahrenheit).

Tanaman hias langka Jenis Calathea

Tanaman calathea concina freddie merupakan varietas langka yang dapat anda tanam didalam wadah pot dengan penggunaan media tanam yang pouros. (image credit: palmcentre.co.uk)

4. Calathea Rose Painted (black lipstik garis merah)

Tanaman Calathea Black Lipstik Garis Merah ini merupakan family dari Marantaceae yang berasal dari Amerika tropis. tanaman bergenre daun ini memiliki daya tarik pada helaian daunnya yang melebar dengan corak yang khas.

Jenis Calathea Untuk Tanaman Hias dalam Rumah

Tanaman ini merupakan varietas baru indonesia yang berasal dari papua. Daun tanaman ini hampir sama dengan jenis black dottie yang perbedaannya ada pada warna daunnya. (image credit: garden.org)

Tanaman ini agak sulit ditemukan di pedagang-pedagang tanaman hias karena banyak yang belum mengetahuinya. Calathea black lipstik ini sangat cocok dijadikan tanaman indoor dalam pot.

Sekianlah daftar jenis calathea yang bisa menjadi pilihan untuk tanaman hias dalam rumah. Cocok untuk menghias sudut rumah atau meja kerja sebagai penyejuk.