Mengenang BJ Habibie, Teknokrat Jenius yang diakui Dunia, Bapak Teknologi Indonesia (FOTO)

Mengenang BJ Habibie, Teknokrat Jenius yang diakui Dunia, Bapak Teknologi Indonesia (FOTO)

Prof. Dr. -Inj. H. Bacharuddin Jusuf Habibie atau sering kita sebut B.J Habibie adalah Presiden Republik Indonesia ke-3 yang juga merupakan Teknoktrat Jenius yang dihormati dalam dunia penerbangan. Beliau Menghabiskan masa mudanya dengan berkonsentrasi mempelajari konstruksi moda transportasi yang pada akhirnya membawa beliau ke dunia transportasi udara. Berikut foto-foto BJ Habibie, Teknokrat Jenius yang diakui Dunia, Bapak Teknologi Indonesia


Perancang dan Pembuat Pesawat Pertama buatan Indonesia

Presiden RI ke-3 Burhanudin Jusuf Habibie semasa hidupnya memiliki spesialisasi keilmuan konstruksi pesawat terbang. Pada 1995 ia berhasil memimpin pembuatan pesawat N250 Gatot Kaca yang merupakan pesawat buatan Indonesia pertama. (Detikcom/Hasan Alhabshy)

Pemikir luar biasa dan Bapak Teknologi Bangsa

Pada 1990, Habibie menulis dalam Sophisticated technologies: taking root in developing countries-International journal of technology management. Pemikiran Habibie pada 29 tahun silam tersebut sudah menyinggung soal keharusan berpijak pada riset dan teknologi. (B.J. Habibie; 1987. FOTO/Wikicommon)

Ilmuan paling dicari oleh Indonesia pada masa 1960-an

Pada 1 September 1996, BJ Habibie yang saat itu menjabat menjadi Menristek, menaiki motor di samping Presiden Soeharto. Sempat berkarier di Jerman, Presiden Soekarno sempat membujuknya untuk pulang ke Indonesia dan pada akhirnya, Habibie berhasil dibawa pulang oleh Soeharto yang kemudian mendaulatnya menjadi Menristek pada 1978. (AFP PHOTO/AGUS LOLONG)

Sangat dikenal dan dikagumi oleh banyak Petinggi Negara lain

BJ Habibie ketika menyambut pemimpin Palestina Yasser Arafat di Bandara Halim Perdanakusumah. Habibie pada 1998 sempat menjadi wapres mendampingi Soeharto, lalu kemudian menduduki posisi nomor satu di Indonesia setelah Soeharto lengser. (AFP PHOTO)

Penemu Teori Crack Propagation Point. Teori Fundamental dalam Perancangan Pesawat.

BJ Habibie juga memiliki mahakarya lainnya yaitu teori crack propagation point atau letak titik awal retakan pada pesawat, penemuan yang sangat besar di dunia penerbangan. Ia pun dikenal dengan julukan Mr. Crack berkat buah pemikirannya tersebut. Selengkapnya baca Apa itu Teori Crack Progression, Faktor Habibie yang merevolusi perancangan pesawat terbang.

Menjadi Presiden Republik Indonesia ke-3 menggantikan Presiden Soeharto 

BJ Habibie pada 21 Mei 1998 tengah menjawab telepon genggamnya. Saat itu ia baru saja menjabat sebagai presiden dan tengah bersiap-siap untuk berpidato untuk kali pertama di depan publik. Di pidatonya Habibie berjanji untuk meneruskan reformasi. (AFP PHOTO/AGUS LOLONG)



Pada HUT RI ke-54 pada 17 Agustus 1999, BJ Habibie bernyanyi bersama Wiranto dan beberapa penyanyi perempuan di Istana Merdeka. (Photo by AGUS LOLONG / AFP)

Sosok Romantis sebagai Pasangan

BJ Habibie menyematkan medali pada istrinya Hasri Ainun di Istana Negara pada 14 Agustus. Kisah cinta Habibie dan istrinya sendiri sempat diabadikan menjadi film Habibie dan Ainun. Semasa hidupnya ia dikenal sangat menyayangi istrinya. (AFP PHOTO/AGUS LOLONG)



Mantan Presiden RI Ke-3 BJ Habibie ziarah mengunjungi makam istrinya, Ainun Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, 5 Juni 2019. Keluarga Habibie pernah menyatakan bahwa Habibie akan dimakamkan di samping mendiang istrinya. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Beliau Wafat di Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Jakarta, Pada Pukul 18.05 WIB pada tanggal 10 September 2019. Jenazah B.J. Habibie dimakamkan 11 September 2019 tepat di samping makam istri tercintanya Ainun Habibie di TMP Kalibata.