Semua Data Akun Akan Dihapus, Google Resmi Tutup Google Plus pada 2 April 2019. Ada Apa?

Semua Data Akun Akan Dihapus, Google Resmi Tutup Google Plus pada 2 April 2019. Ada Apa?

googleplus are closed - goodbye
Melalui pernyataan resminya yang disebarluaskan melalui gmail, layanan sosial media Google plus resmi ditutup oleh google pada 2 April 2019. Ada apa?. 

Seperti yang telah yang telah disampaikan oleh google sejak Desember 2018, bahwa salah satu produk mereka gplus akan ditutup dan konten-kontennya akan dihapus dan tepat pada 2 Februari 2019, Google melayangkan pesan resmi ke semua pengguna Gmail.

Google Resmi Tutup Google Plus pada 2 April 2019. Ada apa?

Bila pernah mengaktifkan akun gmail kalian ke saluran googleplus, maka email diatas pasti akan sampai ke kotak masuk email kalian. Penyampaian dari google tentang gplus yang akan dihilangkan pada bulan april sebagai bentuk pemberitahuan kepada semua pelanggan untuk mengamankan data-data yang dianggap penting untuk di backup.
Segala konten yang selama ini kalian share di halaman Google+ akan dihapus, karena itu, pemberitahuan ini disampaikan 2 bulan sebelum gplus benar-benar di nonaktikan dan terhitung sejak 4 februari 2019, tidak bisa lagi membuat akun baru atau profil di Google+. Silahkan baca di sini Bagaimana cara mengunduh konten/data dari Googleplus.
Google secara jelas memberi arahan detil kepada semua pihak yang terhubung dengan gplus.

  • Bila kalian adalah mederator atau pemilik komunitas di Google+ maka kalian unduh dan mengamankan data yang ada dalam komunitas itu sebelum bulan maret 2019. baca detilnya
  • Bila selama ini kamu sering masuk ke akun sosial menggunakan tombol Masuk dengan Google+ maka itu pun tidak lagi muncul sebagai salah satu pilihan cara Masuk akun. Selengkapnya
  • Bila kamu seorang peselancar di dunia maya dan sering meninggalkan komentar dengan menggunakan akun googleplus, maka komentar itu pun akan dihapus. Ini mungkin bisa terlihat di bulan april nanti, ketika jumlah komentar tiba-tiba berubah karena hilangnya semua komentar dari gplus. dan
  • Untuk kalian yang sebagai pengembang (developer) yang menggunakan API Google+ maka penutupan Gplus ini mungkin memberi efek pada perintah-perintah pada apps atau situs-situs yang dikelola, karena itu sebaiknya pelajari ini dengan seksama Impact dari penutupan API Google+.

Kenapa Google Menutup Layanan Produk Google+ ?

Spekulasi tentang penutupan Google+ telah lama beredar, isu paling awal kenapa google memilih meng-shutdown Gplus adalah bahwa produk Google+ tidak memenuhi ekspektasi dan menjalani masa online-nya dengan "sedikit pengguna". Interaksi yang tercipta tidak mengembangkan ekosistem yang diharapkan.

Namun, Spekulasi yang lain terus bermunculan apalagi setelah isu Facebook yang di anggap telah membocorkan data penggunanya mulai dikaitkan dengan produk-produk google. Dan akhirnya, David Thacker. VP, Manajemen Produk G Suite, memberi penjelasan gamblang tentang Mengapa Google+ akan ditutup pada artikel terbitan blog.google.com tentang API Gplus 10 Des 2018.

Ternyata, ada bug yang bisa tersalahgunakan pada Google+, namun Google menjamin bahwa tidak ada user/pengembang yang menyadari bug itu sehingga memanfaatkannya untuk hal-hal yang merugikan pihak lain. Penjelasan ini dipaparkan oleh David Thacker setelah menyebutkan bahwa Google telah menjalankan prosedur pengujian standar atas efek dari updatan terbaru dari beberapa aplikasi yang memberi implikasi pada API Google+.

Itulah penyampaian yang dirasa penting oleh Google untuk semua pengguna Google Plus. Jadi, Sebelum Google Resmi Tutup Google Plus pada 2 April 2019. Antisipasilah sejak dini.