Hoax! Promo Tiket Gratis Air Asia Melalui Pesan Berantai

Hoax! Promo Tiket Gratis Air Asia Melalui Pesan Berantai


Sejak akhir tahun dan hingga saat ini di awal tahun 2018 banyak bertebarab pesan berantai dari air asia yang berisi promo tiket gratis air asia ke semua destinasi. Pesan berantai penerbangan gratis dari air asia ini cukup menggiurkan karena hanya mengisi formulir lalu bisa mendapatkan tiket gratis dari air asia. Tapi, jangan senang dulu, karena pesan berantai itu terindikasi penipuan dan scam.

Tanda-tanda situs penipuan

Dari nama situsnya atau domainnya, sudah terlihat mencurigakan karena seolah-olah menggunakan sub-domain dari situs resmi air asia yaitu airasia.com. Kejanggalannya terletak dari bentuk sub-domainnya yang salah, subdomain yang benar selalu menggunakan titik (.) bukan tanda hubung (-). contohnya, www.promo.airasia.com sementara yang penipuan kadang menggunakan alamat situs www.promo-airasia.com. Ada juga domain yang resmi berdasarkan Regional ID seperti www.airasia.com/en/ (Berbahasa Inggris) atau www.airasia.com/id/ (Berbahasa Indonesia).

Informasi ini berlaku untuk semua situs resmi, jadi bila menerima pesan berantai yang mengatas-namakan situs resmi, perhatikan terlebih dahulu domain (nama situs) yang digunakan agar tidak langsung terperdaya dengan tipu daya penipu online.

Untuk Promo tiket gratis Air Asia, sudah sangat janggal dan penuh dengan nuansa penipuan, mulai dari nama domain yang tidak menggunakan Regional ID.

Bila anda membuka situs perusahaan besar dari kawasan Indonesia maka secara otomatis nama situsnya menjadi airasia.com/id/. Kode id berarti anda berada di indonesia dan situs akan berubah menjadi bahasa indonesia, situs dengan tampilan airasia.com/tiket-gratis sudah jelas bukan situs resmi dan penuh dengan jebakan.

Isi Konten Situs Penipuan

Untuk isi konten, air asia berdiri tahun 20 desember 1993. Bila promonya berdasarkan tema perayaan ulang tahun. coba hitung, sudah ulang tahun ke berapa air asia tahun ini.

tahun berdiri maskapai air asia
tahun resmi berdirinya maskapai airasia

Berikut penampakan yang janggal dari situs yang mengatasnamakan airasia.

promo penipuan tiket gratis air asia
tampilan situs penipuan dari handphone

Bagaimana pun bentuk dari situs penipuan ini, tidak akan jauh berbeda dari penampakan gambar di atas karena mereka para penipu menggunakan script yang selalu mengubah tampilan secara otomatis namun isi kontennya akan selalu sama.

Apa Tujuan dari Menyebarkan Situs Penipuan ini secara Berantai


Tujuan pastinya sudah jelas ingin mengeruk keuntungan berupa uang dari orang-orang yang terjebak. Cara mereka adalah memberi Formulir pendaftaran, data diri anda akan diminta dan juga data pembayaran yang anda gunakan

Apabila anda mencantumkan alat pembayaraan beruba nomor dan kode pribadi dari kartu anda maka para penipu akan leluasa mengeruk uang dari kartu anda. Hati-Hatilah. JANGAN MENGISI FORMULIR DARI SITUS YANG TIDAK TERPERCAYA!.

situs penipuan tiket gratis airasia.com
Tampilan formulir penipuan tiket gratis penerbangan

Semoga penjelasan Penipuan Melalui Pesan berantai tiket gratis dari Air asia ini bisa menjadi informasi penting bagi anda agar terhindarkan dari segala jenis penipuan melalui situs online yang menyerupai situs resmi. informasi lain yang juga penting adalah Hak penumpang ketika pesawat delay

Bila anda tidak sengaja telah menyebarkan pesan berantai yang berupa situs penipuan, maka sebarkanlah informasi ini agar lebih banyak orang yang mengetahui informasi yang sebenarnya. Klik tombol share di bawah. (ms/kumpulsebar)