Tanpa Sadar, 6 Tingkah laku Ini Ternyata Sebuah Kemaksiatan di Bulan Ramadhan. HINDARILAH!

Tanpa Sadar, 6 Tingkah laku Ini Ternyata Sebuah Kemaksiatan di Bulan Ramadhan. HINDARILAH!

bermaksiat di bulan ramadhan

Assalamu Alaikum, Kumpulers. Bagaimana Puasanya, lancar?. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan serta keutamaan Bulan Suci Ramadhan ini dan terhindar dari segala cobaan dan kemaksiatan.

Berikut kami ingin menyebarkan khotbah dari rumaysho.com tentang Maksiat Yang Tidak Kita Sadari di Bulan Ramadhan. Semoga ini menambah khasanah pengetahuan agama kita agar lebih mampu menjalani Bulan Suci Ramadan ini dengan lebih khusyuk dan kelak bisa mendapatkan kemenangan. Amin Ya Rabb.

***

Ramadhan itu Bulan suci, maka ada beberapa contoh maksiat di bulan Ramadhan yang masih terus dilakukan oleh orang yang berpuasa:

  • Shalat Mudah ditinggalkan, apalagi shalat Shubuh karena langsung tidur sehabis sahur.
  • Laki-laki yang masih malas melaksanakan shalat berjamaah di masjid.
  • Berjilbab belum dianggap penting bagi Perempuan bahkan terus menerus berpakaian ketat dan seksi saat puasa. Itu menjadikan puasa sia-sia karena mengumbar aurat itu dosa besar. Orang terdekat seperti diri kita diharapkan mengingatkan mereka (wanita, istri dan puteri kita) untuk menutupi aurat dan  berjilbab, Semoga Allah memberi hidayah.
pentingnya berhijab
  • Jalan berdua dengan kekasihnya (pacarnya) hingga bahkan ngabuburit untuk menanti buka puasa dengan pacar. Pacaran sama saja jalan menuju zina, termasuk zina kecil-kecilan.
  • Ber-ghibah atau Membicarakan jelek orang-orang walau itu memang nyata ada pada orang lain, bahkan suka memfitnah (menuduh jelek tanpa bukti ke orang lain).
  • Gemar berbuka puasa bersama dengan teman atau rekan kerja lalu Menyelisihi datangnya waktu shalat Maghrib, Menunda bahkan ada yang sampai shalat ditinggalkan. Ingatlah wahai kaum muslimin, Satu shalat saja ditinggalkan, itu menghapus amal.

Dari Burairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَرَكَ صَلاَةَ الْعَصْرِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ

"Barangsiapa meninggalkan shalat Ashar, maka terhapuslah amalannya” (HR. Bukhari, no. 594).

Di antara maksud hadits sebagaimana kata Ibnul Qayyim dalam kitabnya Ash-Shalah adalah akan menghapus amalan pada hari tersebut.

Jika demikian, apakah puasa orang yang meninggalkan shalat walau satu saja jadi diterima? Silakan direnungkan.

Dan ingat, yang namanya maksiat akan menghancurkan pahala orang yang berpuasa walau secara hukum puasa tetap sah selama yang dilakukan bukan pembatal puasa.

Moga kita dimudahkan oleh Allah untuk menjauhi segala macam maksiat di bulan Ramadhan dan waktu seterusnya. Semoga kita dimudahkan oleh Allah menjadi lebih baik selepas Ramadhan, itulah tekad dan harapan kita.

Sumber : rumaysho.com - khutbah jumat 6 contoh maksiat yang terus berlanjut di bulan ramadhan

***

Semoga postingan tentang 6 Tingkah laku Maksiat di Bulan Ramadhan ini memberi manfaat dan membuat kita semakin memahami mana yang baik dan benar sehingga kita selalu bisa menghindari sesuatu yang meleburkan amalan kita.

Ikuti informasi lainnya dari kumpulsebar di Google News.