Berkenalan dengan Aurora Borealis yang menakjubkan

Berkenalan dengan Aurora Borealis yang menakjubkan

Aurora Borealis - The Nothern Lights

Kalian mungkin sering melihat di video atau film ada sekumpulan cahaya terang di langit malam berwarna hijau yang meliuk-liuk dan bergerak seperti menari. Itu bukan imajinasi visual efek belaka, tapi benar nyata terjadi sebagai bagian dari fenomena alam yang disebut Aurora Borealis

aurora borealis in iceland

Apa itu Aurora Borealis ?

Secantik namanya Aurora, Dewi Fajar dari Roma. Cahaya hijau ini sangat menakjubkan bila dilihat. Aurora Borealis adalah cahaya hijau yang sering berdansa di atas langit kutub utara. Borealis diambil dari kata Boreas (yunani) yang berarti angin utara.

Penamaan Borealis pertama kali digunakan oleh P. Gassendi, ahli matematika dan astronom Prancis, karena pertama kali melihatnya terjadi di sekitar langit kutub utara sekitar abad ke-17.

Jauh sebelum para ahli moderen menamai fenomena Aurora, Filsuf Aristoles pada abad ke-4 masehi telah menyebutnya sebagai "Letusan di langit" atau Chasmata.

Di sisi lain belahan bumi bagian selatan, penjelajah dari Inggris, James Cook juga mengamati fenomena interaksi medan magnetik bumi pada partikel energi dari matahari, dan Ya. Aurora juga terpapar indah di lingkar langit kutub selatan. Fenomena itu dinamai Aurora Australis atau Cahaya selatan.

Mengapa Aurora Borealis Bisa Terjadi ?

Pemandangan luar biasa itu terjadi karena koalisi antara partikel energi matahari dan medan magnetik bumi ini memicu reaksi pada lapisan ionosfer dimana oksigen dan nitrogen melepaskan foton cahaya.

Saat foton cahaya terlepas maka terlihatlah cahaya hijau yang terang dan menari-nari di atas lingkar kutub utara. Pada beberapa wilayah di eropa, warna Aurora Borealis tampak kemerah-merahan. Fenomena alam yang cantik dan menakjubkan.

Dimana bisa melihat Aurora Borealis ?

lokasi aurora borealis

Bagi orang-orang yang bermukim di wilayah ekuator bumi atau khatulistiwa, mereka harus bepergian jauh ke sisi bumi bagian utara yang dekat dengan pusat medan magnetik bumi yaitu kutub utara. Itu karena pemicu Aurora Borealis yaitu medan magnetik bumi berada di sisi utara dan selatan bumi.

Beberapa kawasan terbaik untuk bisa melihat Aurora Borealis, antara lain:

  • Fairbanks, Alaska
  • Kanherlussuaq, Greenland
  • Steward Island, Selandia Baru
  • Tromso, Norwegia
  • Yellowknie, Kanada

Bagaimana, sudah berkenalan dengan Aurora Borealis?. Semoga kita punya kesempatan untuk melihat salah satu fenomena alam yang menakjubkan ini.

Ikuti informasi lainnya dari kumpulsebar di Google News.