Jadi Ibu Super Panutan Si Kecil, Lakukan 7 Hal sederhana ini. Semuanya gampang!

Jadi Ibu Super Panutan Si Kecil, Lakukan 7 Hal sederhana ini. Semuanya gampang!

Jadi Ibu Panutan Bagi Anak

Orang tua adalah sumber panutan utama seorang anak, terlebih seorang Ibu yang memiliki waktu bersama anak lebih banyak sejak si anak terlahir. Selain harus tahu cara mendekatkan diri dengan anak, Ibunda juga harus tahu cara menjadi panutan yang baik bagi si kecil.

Menjadi seorang ibu berarti harus siap menghadapi segala perasaan yang bercampur menjadi satu. Bahagia saat melihat senyum anak, gembira saat anak tertawa, hingga emosi mulai naik saat anak melakukan hal yang kurang tepat.

7 Hal Sederhana Menjadi Ibu Panutan bagi Anak

Cara jadi ibu panutan bagi anak

Dengan segala kesibukan mengurus anak yang kadang menggoyahkan mood, seorang ibu tetaplah harus bisa menunjukkan sikap positif di depan anak. Karena ibu adalah makhluk terdekat yang akan menjadi panutan bagi si kecil.

Untuk selalu bersikap, dan berpikiran positif, ibu bisa memulainya dari beberapa hal berikut ini:

1. Fokus Terhadap Hal Positif

Menjadi ibu panutan bagi anak

Kita bertindak sesuai apa yang kita pikirkan. Untuk itu, ibu perlu senantiasa berpikiran positif saat menghadapi berbagai macam tingkah anak. Sebab jika hanya fokus pada hal negatif saja, maka kita tidak akan bisa melihat hal baik.

Misalnya saja saat rumah berantakan karena anak makan berantakan, daripada menjadikan hal itu alasan untuk marah-marah, berpikiran positif lah bahwa anak Anda sehat, dan aktif. Bukankah itu layak disyukuri?. 

2. Ajarkan Cara Berkomunikasi yang Baik

Mungkin ada sebagian ibu yang menganggap bahwa marah-marah adalah cara agar anak mau menuruti perkataan orang tua. Tapi, pasti ibu tidak mau, kan, bila anak menganggap bahwa ibu ahli marah-marah? Terlebih, seorang ibu akan menjadi panutan bagi anak.

Jadi Ibu panutan bagi anak

Pahamilah cara menghadapi anak yang sulit diatur, bukan memarahinya.

Untuk itu, ajak anak membicarakan apa yang ia rasakan, dan apa yang ia inginkan. Temukan solusi untuk menemukan jalan tengah yang menurut ibu paling tepat.

Dengan begitu, secara otomatis anak juga akan mempelajari bahwa dengan bertukar pikiran adalah cara memecahkan masalah yang baik.

3. Fokus pada Masa Depan

Karena ibu telah membiasakan hal-hal positif di masa kecilnya yakinlah bahwa dalam beberapa tahun ke depan ia akan tumbuh menjadi seseorang yang membanggakan.

Biasakan untuk mengapresiasi prestasinya. Berusahalah meyakinkan si kecil bahwa apabila ada kesalahan itu juga merupakan bagian dari proses belajarnya.

Jadi Ibu panutan bagi anak

Dengan demikian rasa percaya diri bahwa si kecil mampu melakukan sesuatu akan terbangun dan menjadi bekalnya di masa depan.

4. Tetapkan Rencana Bersama Keluarga

Merencanakan dan menetapkan tujuan yang tepat akan membuat keluarga jadi tim yang kompak dan seru. Atmosfer saling menyayangi dan memiliki pun akan semakin terasa.

jadi Ibu panutan bagi anak

Jika sulit menetapkan rencana jangka panjang, tetapkanlah rencana jangka pendek; seperti menjadwalkan makan ice cream bersama di akhir pekan yang akan jadi momen quality time yang menyenangkan.

atau coba rencanakan untuk berjalan-jalan sambil mengedukasi anak tentang keindahan alam.

5. Jadilah Pendukung Terhebat untuk Anak

Buat anak jadi semakin semangat untuk menjalani hari-harinya. Beritahu padanya betapa ibu bangga dan bahagia memiliki anak seperti dia. Tentunya agar anak bisa termotivasi dan tahu bahwa keberadaannya berarti bagi ibu.

Sekali-kali, Ibu juga bisa menuliskan kalimat-kalimat penyemangat untuk si anak dan taruh di depan pintu kamar, pintu kulkas, atau di dekat cermin; sehingga anak pun bisa mengingatnya setiap saat. Hindari kata-kata yang tidak seharusnya dikatakan pada anak.

Selalu dukung juga aktivitas si kecil seperti memberikannya makanan dan minuman kesukaannya. pilih yang bernutrisi agar kebutuhan gizi harian anak terpenuhi,

Saat anak bisa menjalani aktivitas hariannya dengan optimal. Ibu pun pasti akan senang mendengar cerita-cerita seru mengenai hari-harinya yang penuh keceriaan.

Jadi ibu teladan bagi anak

6. Jangan Lupa untuk Tertawa Bersama

Hal ini penting untuk membangun kedekatan dengan anak. Selain bisa menghibur, tertawa bersama juga bisa mengurangi hormon penyebab stres.

Lakukanlah dengan menonton video-video lucu di internet, film yang punya cerita lucu, atau ceritakan secara langsung kisah menarik yang bisa bikin si kecil tertawa.

Tertawa bersama anak akan membangun jalinan emosional antara ibu dan si kecil. Kebahagiaan akan terasa dan meninggalkan memori yang indah.

7. Rutin Memeluk Anak

Ini adalah cara yang sangat mudah untuk mengembalikan energi di dalam diri; kapan pun ibu merasa sulit bersikap positif, cobalah untuk memeluk anak. Kehangatan pelukan mereka akan membuat pikiran negatif berkurang.

Jadilah Ibu Super Panutan Si Kecil dengan Menanamkan 7 Pikiran Positif.

Untuk menjadi ibu super bagi si kecil, ibu bukan hanya perlu mendekatkan diri secara naluri saja kepada anak. Namun ibu juga perlu memastikan bahwa kebutuhan fisik anak terpenuhi setiap saat. Kalau ibu sering terkendala dalam menyiapkan kebutuhannya, kini ibu bisa mengandalkan DANCOW FORTIGRO dalam kemasan UHT siap minum yang bisa jadi teman kegiatan anak dimana saja dan kapan saja juga memiliki kandungan kalsium, kolin, vitamin A, C, dan E untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak setiap harinya.

Dengan berbagai cara di atas, apakah ibu sudah siap menjadi ibu super yang selalu memenuhi kebutuhan si kecil dengan seimbang?