HARUS TAHU!. Manfaat Ruqyah Serta Syarat Orang yang Akan Diruqyah

HARUS TAHU!. Manfaat Ruqyah Serta Syarat Orang yang Akan Diruqyah

Sudah pernah mendengar apa itu Ruqyah Syar'i, apakah anda merasa ingin dirukiah?. Sebelum melakukan ruqyah, Sahabat kumpulsebar harus tahu dulu Apakah ada Syarat Orang yang Akan Diruqyah dan Apa Manfaat Ruqyah.

Apa itu Ruqyah Syar'iyyah

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan: "Sesungguhnya meruqyah termasuk amalan yang utama. Meruqyah termasuk kebiasaan para nabi dan orang-orang shalih. Para nabi dan orang shalih senantiasa menangkis setan-setan dari anak Adam dengan apa yang diperintahkan Allah dan RasulNya". [1]

Ruqyah bukan pengobatan alternatif. Bagiumat muslim, Ruqyah itu harusnya menjadi pilihan pengobatan pertama tatkala tertimpa penyakit. Ruqyah adalah sarana penyembuhan bagi umat muslim dan tak bijak bila mengangggapnya sebagai pengobatan alternatif.

Menurut Syekh Nashiruddin al-Albani rahimahullah: "Ruqyah Syariyyah adalah Bacaan yang terdiri dari ayat-ayat al-Qur'an dan hadits-hadits Rasulullah yang shahih, untuk memohon kesembuhan kepada Allah dari gangguan yang ada, atau memohon kepada-Nya perlindungan dari kejahatan yang akan datang atau yang dikhawatirkan."

Mengapa Orang Harus Diruqyah

Apakah ruqyah hanya berlaku untuk penyakit-penyakit yang disebutkan dalam nash atau penyakit secara umum? Dalam hadits-hadits yang membicarakan terapi ruqyah, penyakit yang disinggung adalah pengaruh mata yang jahat ('ain), penyebaran bisa racun (humah) dan penyakit namlah (humah).

Berkaitan dengan masalah itu, Imam An Nawawi berkata dalam Syarah Shahih Muslim:

"Maksudnya, ruqyah bukan berarti hanya dibolehkan pada tiga penyakit tersebut. Namun maksudnya bahwa Beliau ditanya tentang tiga hal itu, dan Beliau membolehkannya. Andai ditanya tentang yang lain, maka akan mengizinkannya pula. Sebab Beliau sudah memberi isyarat buat selain mereka, dan Beliau pun pernah meruqyah untuk selain tiga keluhan tadi". (Shahih Muslim, 14/185, kitab As Salam, bab Istihbab Ar Ruqyah Minal 'Ain Wan Namlah).

Apa Manfaat Ruqyah

Begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan saat sahabat kumpulsebar mengedapankan pengobatan metoda ruqyah, dikutip dari artikel dalamislam.com yang berjudul "17 Manfaat Ruqyah Dalam Islam dan Dalilnya". Berikut kumpulsebar rangkum secara singkat Apa Manfaat Ruqyah.

  1. Memberikan kebaikan untuk orang lain
  2. Sebagai bentuk keimanan, jika dilakukan tanpa kesyirikan
  3. Mengusir gangguan setan
  4. Membentengi Diri
  5. Obat ampuh untuk berlindung dari kejahatan
  6. Menjaga diri dari segala sesuatu
  7. Menyembuhkan penyakit
  8. Meningkatkan kesehatan tubuh
  9. Mengendalikan emosi
  10. Membuat hati tenang
  11. Mengurangi stres
  12. Mengamalkan sunnah
  13. Menyembuhkan sengatan hewan
  14. Bentuk dzikir kepada Allah Ta’ala
  15. Mendekatkan diri pada Allah Ta’ala
  16. Mendapat kekuatan dari Allah Ta’ala
  17. Senantiasa diingat oleh Allah Ta’ala

Syarat Orang yang akan diruqyah

Yang harus diketahui, bahwa Ruqyah itu bermakna Penyembuhan. Karena itu, Ruqyah terbagi menjadi dua tipe dengan hukum yang berbeda. Ruqyah Syirkiyah yang hukumnya haram. Sementara yang diperbolehkan adalah Ruqyah Syar'iyyah.

Rukun dan Syarat Sebelum Ruqyah Syar'iyyah

1. Bertauhid

Nilai ketauhidan harus ditancap dan dikokohkan bila sahabat kumpulsebar ingin melakukan proses ruqyah. Ucaplah (kalimat) tauhid: laa ilaaha illallah - tidak ada ilah (yang pantas di-tuhankan) selain Allah.

Ruqyah atau rukiah memiliki arti: pengobatan hati dengan membaca zikir atau doa seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW, untuk mengusir pengaruh jahat dari hati.

Orang yang akan diruqyah maupun yang hendak merukiah, sebaiknya menanamkan dalam jiwa terdalamnya bahwa Hanya dari Allah Subhanahu Wa Ta'ala segala kesembuhan datang dan Dialah Yang Maha Mengatur Apa yang Terjadi.

Baik yang diruqyah atau Perukiah secara sadar dan bersama-sama mengharap, meminta, dan menggantungkan niat mencapai kesembuhan hanya kepada Allah semata.

2. Bertobat

Bertobat. Ingatlah, bahwa penyakit itu adalah ujian bagi umat muslim yang beriman agar mengingat serta mensyukuri nikmat yang telah didapatkan dari Allah dan dibalik segala penyakit itu ada dosa-dosa yang dileburkan. Jadi, Bertobatlah. Ingatlah segala dosa-dosa yang pernah dilakukan, Dosa besar ataupun dosa kecil. Mintalah ampunan kepada Allah Yang Maha Pengampun.

Bila Orang yang akan diruqyah menyadari ada dosa-dosa yang dilakukan terhadap orang-orang terdekat seperti keluarga dan sahabat, maka sempatkanlah untuk menyampaikan permohonan maaf, karena itu adalah salah satu sikap yang disukai Allah kepada hambaNya yang selalu menjaga Hablumminannas.

Yang paling penting adalah menyadari secara mendalam dosa diri sendiri yang selama ini selalu disembunyikan.

3. Bersuci

Sebelum ber-ruqyah, hendanya orang yang akan diruqyah menyucikan diri atau tazkiyatun nafs. Hindari hal-hal yang menggugurkan kesucian. bagi laki-laki perokok, jangan merokok setelah bersuci, bagi perempuan, jangan bergunjing. 2 hal itu sering dianggap remeh oleh banyak umat muslim.

4. Bermahram

Orang yang akan diruqyah saat datang ke tempat rukiah harusnya membawa pendamping atau mahram. Rukun ini harus diamalkan agar Ruqyah tetap Syar'i.

"Perukiah laki-laki harusnya hanya merukiah laki-laki. Sebaliknya pun bagi Perukiah perempuan sebaiknya merukiah perempuan. Para syekh menganjurkan ini ditegaskan dan telah jadi protap para senior dalam bidang ruqyah."

Apabila terjadi kondisi yang sangat terdesak, boleh perukiah dan orang yang diruqyah tidak berjenis kelamin sama. Namun, ada syarat utama yaitu harus didampingi oleh mahramnya. Tanpa mahram, maka hukumnya Haram!.

Itulah hal yang harus sahabat kumpulsebar tahu tentang Manfaat Ruqyah Serta Syarat Orang yang Akan Diruqyah agar memahami bagaimana ruqyah syar'i. Bila ini bermanfaat. Sebarkan untuk kebaikan.