Tanda-tanda Haid Tidak Normal Yang Kadang Dianggap Normal

Tanda-tanda Haid Tidak Normal Yang Kadang Dianggap Normal

Kumpulsebar. Tanda-tanda Haid Tidak Normal. Perkara menstruasi atau haid harus selalu jadi perhatian khusus para wanita apalagi bila siklus menstruasi tidak teratur, itu bisa berarti ada gejala tidak normal dan efek gangguan menstruasi bisa mengganggu kesehatan kaum perempuan.

Ketika haid tidak teratur dan nyeri, kaum perempuan kadang menganggap itu normal dan ada yang menganggap itu sangat biasa terjadi. Menstruasi tidak teratur disebabkan oleh banyak hal dan penting untuk mengenalinya. Yuk Belajar lagi.

bahaya menstruasi yang tidak teratur
illustrasi oleh model/freeimages

Tanda-tanda Haid Tidak Normal Yang Kadang Dianggap Normal

Disadur dari beberapa sumber, kalian bisa mencoba mengeceknya sendiri sebagai hipotesis awal apakah haid kamu normal atau tidak. Tapi jangan lupa untuk segera berkonsultasi ke dokter apabila kamu merasa telah menemukan tanda-tanda haid kamu nggak normal. Secara umum, ada 5 gejala menstruasi yang memungkinkan kamu mengenali haid kamu tidak normal.

1. Susah atau Sakit ketika Buang Air Kecil

Gejala susah atau sakit ketika buang air kecil juga mempengaruhi proses menstruasi sehingga siklusnya tidak normal. Dan yang berbahayanya, gelaja seperti ini merupakan salah satu gejala kanker rahim. Kanker rahim membuat mulut rahim bengkak dan menekan kandung kemih, sehingga ketika buang air kecil akan merasa kesulitan atau kesakitan. Ini juga penting buat kaum wanita, kalian bisa membacanya lebih lanjut tentang itu disini Gejala dan penyebabnya kanker rahim.

2. Nyeri Haid Yang Parah

Nyeri haid merupakan hal yang normal dialami wanita menjelang atau saat sedang haid. Tapi seperti yang dilansir oleh familyshare.com, jika nyeri yang dirasakan sangat parah sampai susah bangun dari tempat tidur, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter. Salah satu gejala haid yang tak normal adalah nyeri haid yang yang terasa lebih parah dari biasanya. Hal ini bisa jadi indikator kamu mengalami endometriosis.

Endometriosis adalah radang yang terkait dengan hormon estradiol/estrogen berupa pertumbuhan jaringan endometrium yang disertai perambatan pembuluh darah, hingga menonjol keluar dari rahim (pertumbuhan ectopic) dan menyebabkan pelvic pain. (WikiPedia)
Paham girls?, Njilimet bahasanya. Intinya Endometriosis itu Kista!

Pada Endometriosis yang berat bisa menyebabkan kemandulan karena menghalangi jalannya sel telur dari ovarium ke rahim.

3. Darah Haid Yang Keluar Lebih dari 7 Hari Lamanya

Rata-rata haid berlangsung lima hari. Kalau darah haid kamu keluar lebih dari seminggu, saatnya kamu harus melakukan check up ke dokter. Jangan ditunda.

4. Keluar Darah di Antara Siklus Haid

Seperti yang dikutip dari pernyataan Mayo Clinic, keluarnya darah dari Miss V pada saat sedang tidak haid penyebabnya beragam faktor dan berhubungan dengan sistem reproduktif wanita. Penting untuk kaum wanita selalu mencatat atau setidaknya menandai siklus haid setiap bulannya untuk mengetahui masa menstruasi tidak teratur atau tidak agar normal atau tidaknya darah yang keluar dari Miss V dapat diidentifikasi.

5. Telat 3 Siklus Haid Berturut-Turut (3 bulan berturut-turut)

Menurut Cleveland Clinic, kalo kamu telat haid sampai lebih dari 90 hari (3 bulan), itu adalah gejala yang tak normal. kecuali kalau kondisi menstruasi tidak teratur dikarenakan kamu masih remaja yang baru awal-awal mengalami haid, baru melahirkan, sedang menyusui, atau menjelang menopause. Penyebab telatnya haid ini bisa bermacam-macam, seperti faktor diet, penggunaan alat kontrasepsi, atau mengalami kanker serviks.

Pelajari apa itu kanker serviks dan penyebabnya, Penyakit kanker yang paling harus dipahami oleh kaum wanita.

Keep Healthy yaa... Silahkan di share kemana saja demi membantu perempuan-perempuan lainnya mengetahui pentingnya mengenal tanda-tanda ganguan menstruasi.

Kalau mengalami salah satu dari tanda atau gejalanya, silahkan berkonsultasi langsung pada Dokter yang Menangani Masalah Menstruasi dengan lebih spesifik.

Itulah 5 Tanda-tanda Haid Tidak Normal Yang Kadang Dianggap Normal agar dipahami dan tidak terlambat memahami sinyal-sinyal yang sudah dikirimkan oleh tubuh.

Ikuti wawasan lainnya dari kumpulsebar di Google News.