5 Tips Sederhana Mengajarkan Anak Terhindar Dari Jajanan Yang Tidak Sehat Dan Higienis

5 Tips Sederhana Mengajarkan Anak Terhindar Dari Jajanan Yang Tidak Sehat Dan Higienis

Kumpulsebar. Cara Sederhana mengajari anak menjauhi jajanan tidak sehat. Menjadi orang tua bukan hal mudah dan penuh tantangan, namun siapa yang ingin menolak menjadi orang tua?.

Setelah menjadi orang tua, jangan pernah berhenti belajar serta mencari tahu apa yang sebaiknya dipahami tentang kehidupan anak-anak masa kini, termasuk persoalan jajanan anak ketika bermain di luar rumah. Kali ini KumpulSebar ingin berbagi Tips bagi orang tua Mengajarkan anak menghindari jajanan tidak sehat secara bijak.

menghindarkan anak jajanan tidak sehat dan higienis

Karena pada dasarnya anak kecil tidak suka dilarang, maka orang tua harus mampu mengajarkan dan menasehati mereka dengan bijak melalui cara-cara yang cocok dengan karakter anak.

Mengajari Anak Terhindar Dari Jajanan Yang Tidak Sehat Dan Higienis

Gampang-gampang susah memang dalam mengawasi anak, Orang tua tidak bisa full time mengontrol mereka ketika di luar rumah. Apalagi ketika di sekolah, tempat dimana berjejerannya banyak jajanan menarik bagi anak-anak. Berikut Kumpulsebar urai beberapa tips:

1. Ceritakan Kisah yang Edukatif

Punya kebiasaan membacakan cerita pada anak sebelum tidur? Coba sisipkan pesan-pesan yang edukatif terkait makanan atau jajanan yang kita konsumsi sehari-hari. Soal manfaat dan kandungannya. Juga tentang makanan apa saja yang menyehatkan dan baik dikonsumsi. Bisa dengan sambil mengadaptasi kisah atau dongeng yang sudah ada juga.

2. Langsung Beri Contoh

Semakin dilarang, anak bisa semakin bandel dan makin kuat keinginannya untuk melanggar larangan itu. Alih-alih melarang, langsung saja beri contoh. Misalnya, selama di rumah selalu sediakan camilan atau jajanan yang sehat dan lezat. Tunjukkan bahwa dengan makan makanan yang sehat, tubuh jadi terasa lebih kuat dan perasaan lebih bahagia.

3. Bantu Anak Menjaga Sistem Kekebalan

Tubuhnya Latih anak untuk bisa rutin olahraga dan selalu mencuci tangan hingga bersih sebelum makan. Kebiasaan ini mungkin sederhana tapi dampaknya sangatlah positif. Bantu juga untuk memenuhi asupan gizi dan vitamin anak sejak di rumah. Ada banyak makanan tak sehat dan tak higienis yang bisa membuat anak sakit di luar sana. So, penting kita sebagai orang tua untuk berperan langsung membantunya menjaga kesehatan.

4. Izinkan Anak untuk Terbuka

Mengekang anak secara berlebihan bisa berdampak buruk. Coba izinkan untuk mau terbuka dan jujur, termasuk soal jajanan atau makanan apa yang ia inginkan. Kalau kita bisa membuatnya sendiri di rumah, ajak anak untuk terlibat dalam pembuatannya. Anak-anak biasanya akan lebih bersemangat saat diajak untuk membuat sendiri makanan mereka.

5. Agendakan "Bikin Sendiri Jajanmu"

Kegiatan memasak bisa jadi ajang untuk menambah kedekatan. Selain itu bisa jadi ajang untuk meng-edukasi anak soal kandungan gizi atau vitamin makanan tertentu. Bikin sendiri jajanan favorit anak di rumah, buat yang lebih lezat biar anak tidak tergoda untuk membeli jajanan di luar yang rasanya biasa-biasa saja. Agendakan secara bertahap agar anak tidak bosan dan merasa terpaksa, Setidaknya 3 kali dalam seminggu ajari melakukan "Bikin sendiri Jajanmu". Orang tua bisa liat banyak contohnya disini Resep Enak Bagi Buah Hati

Jajanan tidak sehat dengan campuran zat-zat yang tidak baik untuk tubuh bahkan berbahaya semakin banyak diluar sana dan mengintai anak-anak kita. Penyampaian yang tidak benar walaupun tujuannya baik akan sulit untuk dipahami, apalagi bagi anak-anak.

Punya saran atau tips lain mengenai artikel ini?, silahkan berkomentar dikolom bawah untuk berbagi pengalaman. Semoga ini bermanfaat.

Berhentilah menakuti mereka dengan ungkapan ancaman apalagi dengan suara tinggi. Maka cobalah untuk memulai 5 Tips Sederhana Menghindarkan Anak Dari Jajanan Tidak Sehat di atas agar anak-anak mengetahui sesuatu yang baik buat diri mereka dengan cara yang baik.