Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM

Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Hukum dan HAM

Kumpulsebar. Pemerintah baru saja melansir pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari dua Instansi yakni Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Informasi itu secara resmi disampaikan oleh Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan. Selasa (11/7).

Dari hasil lansiran itu, Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) itu menyedia 19.210 kursi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil ijazah SMA / SLTA hingga S1, Kemenkumham sebagai lembaga negara yang membutuhkan banyak sumberdaya menyediakan lowongan kursi Calon Pegawai Negeri Sipil paling banyak hingga 17.526 untuk 21 jabatan.

KEMENKUMHAM

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkunham)

Formasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) meliputi banyak kualifikasi pendidikan, lowongan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ijazah SMA / SLTA, D3, dan S1 ini tersebar untuk 21 jabatan yang kosong.

Seperti yang di utarakan oleh Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Untuk KemenkumHAM dibuka formasi untuk 21 jabatan dengan kualifikasi pendidikan terakhir mulai dari SMA / SLTA, DIII, dan juga S-1.

Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2017 di Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham)

tanda jabatan lingkungan kementerian hukum dan HAM

Berikut rincian Formasi untuk Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Instansi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) seperti yang diterbitkan pada laman resmi mempan.go.id:

Penjaga Tahanan

Formasi Penjaga tahanan, dialokasikan 280 diantaranya untuk CPNS Putra-Putri Papua dan Papua Barat. Selebihnya yakni sekitar 13.720 kursi bagi jalur umum. Untuk formasi Kemenkumham ini, Pelamar Laki-laki akan diterima lebih besar yakni 11.423 orang sementara untuk pelamar perempuan 2.297 orang.

Pembimbing Kemasyarakatan Pertama

Ada 714 kursi CPNS Kemenkumham yang juga di alokasikan untuk Ditjen Lapas untuk jabatan Pembimbing Kemasyarakatan Pertama selain penjaga tahanan. Pelamar laki-laki akan diterima 497 orang dan untuk pelamar perempuan yang akan diterima sebanyak 155 orang, berkualifikasi Sarjana S-1 Hukum, Sosiologi, dan Psikologi.

Analis Keimigrasian Pertama

Formasi Kemenkumham untuk jabatan Analis Keimigrasian Pertama, akan diterima dari berbagai jurusan, seperti Sospol, Hukum, akuntansi, ekonomi, ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, teknik komputer dan sastra bahasa asing sebanyak 2.278 orang CPNS. Alokasi untuk lulusan cumlaude sebanyak 229 kursi.

Ada 30 orang juga yang dibutuhkan untuk jabatan Pemeriksa Keimigrasian Terampil dengan ijazah D-III manajemen, akuntansi, sistem informasi, ilmu komputer, manajemen informatika, keuangan teknik informatika, serta sastra bahasa asing.

Pemeriksa Merek Pertama

Jabatan berikutnya untuk Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham adalah Pemeriksa Merek Pertama. alokasi sebanyak 15 kursi. Kualifikasi Jabatan ini berijazah sarjana S-1 hukum, teknik, manajemen, farmasi serta humaniora.

Sedangkan untuk Pemeriksa Paten Pertama yang juga dialokasikan 15 orang. Kualifikasi CPNS antara lain Sarjana S-1 biologi, kimia, fisika, farmasi, teknik mesin, teknik elektro, teknik sipil, teknologi pertanian, teknik di bidang international patent classification (IPC), dan teknologi perikanan.

Analis Kekayaan Intelektual

Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Kemenkumham juga akan menerima 15 orang untuk Analis Kekayaan Intelektual, kualifikasi Sarjana S-1 seni rupa, desain,  hukum, teknik serta manajemen.

Untuk jabatan Analis Hukum, kualifikasi S-1 hukum dibutuhkan 136 orang CPNS. Sedangkan Analis Perlindungan Hak-hak sipil dan HAM, dibutuhkan 40 orang sarjana S-1 Sosial Politik dan Hukum.

Penata Keuangan

Sebanyak 25 formasi untuk Jabatan berikutnya adalah Penata Keuangan dengan kualifikasi S-1 ekonomi  akuntansi, manajemen, manajemen keuangan, serta komputerisasi akuntansi.

Pada jabatan Kustodian Kekayaan Negara, 20 kursi untuk CPNS sarjana S-1 dari jurusan managemen dan ilmu bisnis, Sospol, hukum akuntansi, serta ekonomi manajemen.

Kemenkumham juga mencari 70 Calon Pegawai Negeri Sipil Untuk jabatan Pengelola Teknologi Informasi, formasi sarjana S-1 jurusan Teknik Informatika, ilmu komputer, sistem informasi, dan teknik komputer.

Tenaga Kesehatan

Yang menarik, dalam rekruitmen Calon Pegawai Negeri Sipil / CPNS Kemenkumham juga membutuhkan tenaga kesehatan. Paling banyak adalah Perawat pertama sebanyak 100 formasi, lalu Dokter umum 33 dokter.

Dokter spesialis kulit dan kelamin juga dibutuhkan instansi Kemenkumham, Dokter spesialis penyakit dalam pertamaDokter spesialis ginekologi pertamaDokter spesialis anak pertama, serta Dokter spesialis anastesi pertama masing-masing 1 dokter. Untuk sarjana S1 Psikologi juga dibutuhkan 15 orang untuk jabatan Psikolog Klinis Pertama.

Auditor Pertama

Kementerian Hukum dan HAM juga menyediakan 15 kursi CPNS untuk mengisi jabatan Auditor Pertama. Untuk jabatan ini Kualifikasinya S-1 Ilmu Hukum, akuntansi, Psikologi, administrasi pendidikan, sistem informasi, teknik informatika, ilmu komputer, administrasi negara, administrasi perpajakan, dan administrasi bisnis. (HUMAS MENPANRB)

***

Pelaksanaan Seleksi CPNS Kemenkumham tahun 2017 ini Berdasarkan SEK.KP.02.01-490 tentang Seleksi dan Formasi 17.526 kursi lowongan CPNS untuk 21 jabatan. Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ijazah SMA / SLTA memiliki kuota terbesar hingga 14.000 kursi yang akan ditempatkan di berbagai unit kerja Kementerian Hukum dan HAM. Penerimaan CPNS berijazah SMA / SLTA akan menempati jabaatan Penjaga Tahanan yang harus memiliki penguasaan komputer yang baik.

Kuota terbesar kedua Formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang ada di Kemenkumham adalah Jabatan Analis Kemigrasian, kuotanya sebanyak 2.278 kursi. 1 kursi disediakan khusus bagi penyandang disabilitas untuk jabatan Analis Perlindungan Hak-hak Sipil dan HAM, 280 kursi untuk Putra-putri Papua dan Papua Barat, 346 kursi bagi Sarjana berstatus cumlaude. Sisanya 1.248 di alokasikan bagi para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk 19 jabatan teknis lain yang syarat kualifikasi pendidikannya minimal Sarjana S-1 dan D-III berbagai jurusan.